Sahowati, Tuti (2021) Kerjasama Guru Kelas dan Orangtua dalam Membangun Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Satu (Studi Kasus di MIN 1 Kota Cilegon Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER & DAFTAR ISI)
COVER & DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (395kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (280kB) |
||
|
Teks (BAB III)
BAB III new 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV (2).pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) |
||
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK1 baru 23.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kerjasama antara guru dan orangtua merupakan hal yang sangat penting dalam menumbuhkan atau menbangun rasa percaya diri anak. Disekolah gurulah yang mempunya peranan penting dalam mendidik siswa, dan dirumah yaitu orangtua, orangtua yang mendidik anaknya agar mempunya rasa percaya diri yang tinggi. Dan disini peran orangtua dan guru sangat penting dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Dari uraian diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gambaran tentang rasa percaya diri siswa kelas satu di MIN 1 Kota Cilegon Banten ?, 2) Bagaimana kerjasama guru kelas dan Orang Tua dalam membangun rasa percaya diri siswa kelas satu? Tujuan penelitian tersebut adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran tentang rasa percaya diri siswa kelas satu di MIN 1 Kota Cilegon Banten. 2) Untuk menjelaskan kerjasama guru kelas dan orang tua dalam membangun rasa percaya diri siswa kelas satu serta perkembangannya di MIN 1 Kota Cilegon Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan objek penelitian 15 wali murid atau orang tua satu guru dan limabelas siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Metode yang digunakan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh dapat disumpulkan bahwa 1) Kerjasama orang tua untuk membangun rasa percaya diri siswa kelas satu, 2) Kerjasama Siswa kelas satu dalam membangun rasa percaya diri, 3) Kerjasama guru kelas untuk membangun rasa percaya diri siwa kelas satu. Orang tua menanggapi bahwa Komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua dapat menjadi jembatan penghubung untuk mengetahui kebutuhan dan perkembangan anak selama di sekolah dan di rumah, maka di bentuklah paguyuban. Siswa menanggapi bahwa komunikasi antar guru dan orang tua membuat siswa lebih aktip dalam segala hal. Guru menanggapi bahwa kepercayaan diri sangat penting untuk dimiliki siswa karena dengan memiliki kepercayaan diri, siswa akan lebih berani dan mandiri sehingga mempermudah proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2021 04:18 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 04:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7390 |
Actions (login required)
Lihat Item |