Peran Kiyai Dalam Mengembangkan Kurikulum Pesantren Tradisional (Penelitian di Pondok Pesantren al-Istiiqlaliyah Cilongok Pasar Kemis Tangerang)

Khumaeroh, Siti (2021) Peran Kiyai Dalam Mengembangkan Kurikulum Pesantren Tradisional (Penelitian di Pondok Pesantren al-Istiiqlaliyah Cilongok Pasar Kemis Tangerang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (535kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (854kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (426kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (209kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Peran kyai dalam sebuah pesantren menempati posisi central, titik pusat bagi pergerakan sebuah pesantren, sumber inspirasi dan sumber pengetahuan bagi santrinya secara absolut, perintis, pengelola, pemimpin, pengasuh, bahkan sebagai pemilik tunggal, bebas menentukan format pesantrennya, sesuai yang diinginkannya, dipengaruhi oleh gaya dan kemampuan kyai tersebut. Hal itulah yang akhirnya menentukan ciri khas dari sebuah pesantren. Bagi santri, peran kyai yang paling besar adalah sebagai guru dan teladan. tokoh ideal. Pesantren adalah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan menekankan moral sebagai pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Bagi masyarakat pesantren tidak hanya sebagai lembaga penyiaran agama Islam tetapi sebagai lembaga sosial keagamaan dan lembaga pendidikan yang mengembangkan sikap kemandirian.. Karena dari pesantrenlah masyarakat bisa menjadi Islami yang melahirkan masyarakat peradaban baru yang teraktualisasi sesuai dengan fitrah manusia Kholifatu fil Ardh. Masyarakat harus mendukung adanya keberadaan lembaga pendidikan tersebut kyai sebagai sentral figur di dalamnya memberikan uswah dan qudwah hasanah dalam pendidikan akhlak. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis peran kyai dalam pengembangan kurikulum keagamaan Pondok pesantren Al-Istiqlaliyah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga pendekatan, yaitu: (1) pengamatan terlibat, (2) wawancara, dan (3) metode dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu: Reduksi data, Penyajian data Penarikan kesimpulan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kyai, , kurikulum, pesantren, tradisional.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Okt 2021 03:31
Perubahan Terakhir: 15 Okt 2021 03:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7153

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.