Masitoh, Itoh (2021) Pelatihan dan Pendampingan Tahsin Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa (Studi di Kelas VII MTs Al-Fathaniyah Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (907kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (300kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II .pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (795kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (301kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (536kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (233kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Itoh Masitoh. NIM. 171210069. Judul skripsi Pelatihan dan Pendampingan Tahsin Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa (Studi di Kelas VII MTs Al-Fathaniyah Kota Serang-Banten). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati, untuk mengetahui proses pelaksanaan pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati serta untuk mengetahui hasil dari pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an siswa kelas VII di MTs Al-Fathaniyah kota Serang-Banten. Dan manfaatnya adalah menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an dengan pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati yang dilakukan oleh peneliti, serta dapat menambah wawasan bagi penulis, pembaca dan penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Participatory Action Research (PAR), dengan tujuan tahapan yaitu persiapan sosial, identifikasi data, fakta sosial dan analisis sosial, kajian masalah dan kebutuhan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Dilakukan dengan melibatkan seluruh masyarakat MTs Al-Fathaniyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cerita (sharing), wawancara, observasi dan diskusi kelompok terfokus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati di MTs Al-Fathaniyah Kota Serang-Banten dapat meningkatkan kemampuan baca Al-Qur‟an siswa kelas VII. Hal itu dapat dibuktikan dan dilihat dari sesudah dilakukannya Munaqosyah setelah dilaksanakannya pelatihan dan pendampingan, mereka tidak terburu-buru dan lebih tartil dalam membaca Al-Qur‟an, serta laporan-laporan guru yang mengajar mata pelajaran QQWT dan Thafiz bahwa bacaan mereka lebih fasih dalam membaca Al-Qur‟an. Sebagai kesimpulan bahwa pelatihan dan pendampingan tahsin metode tilawati yang dilaksanakan dengan baik dan perpedoman pada buku “Strategi pembelajaran Al-Qur‟an metode tilawati” karya Drs. H.Ali Muaffa, dkk. Yang didalamnya menjelaskan (target kualitas, target waktu, proses pembelajaranya, dan evaluasi/munaqosyah). Berdampak pada meningkatnya kemampuan baca Al-Qur‟an siswa kelas VII di MTs Al-Fathaniyah Kota Serang-Banten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pelatihan, Pendampingan, Metode Tilawati. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 27 Aug 2021 01:52 |
Perubahan Terakhir: | 27 Aug 2021 01:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6999 |
Actions (login required)
Lihat Item |