Fadlah, Muhamad Fedri (2021) Peran Komunitas Bikers Subuhan sebagai Sarana Dakwah bagi Remaja (Studi Deskripsi Terhadap Komunitas Bikers Subuhan Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
1. Caver.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (346kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (345kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (357kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (188kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Dakwah pada dasarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam untuk menyebarkan ajaran Islam. Dapat dilakukan beragam metode dan media sebagai sarana dan prasarananya. Dengan media saat ini dakwah bisa tersebar luas. Seseorang dapat memperoleh ilmu dengan mengikuti kajian, organisasi, maupun komunitas tertentu. Tidak ada batasan bagi siapapun untuk berdakwah, bahkan dalam sebuah komunitas motor. Belajar seputar kajian keislaman yang dilakukan dalam sebuah komunitas tentu bukan hal yang mudah, ada tantangan dan metode tersendiri untuk bisa membangun jiwa bikers namun tidak melupakan syariat Islam. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Apa saja metode dakwah yang diterapkan pada komunitas motor Bikers Subuhan ?, 2. Apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam kegiatan komunitas motor Biers Subuhan ?, 3. Bagaimana efek dakwah dari komunitas motor Bikers Subuhan di Kota Serang ?. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui metode dakwah yang diterapkan pada komunitas motor Bikers Subuhan, 2. Untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam kegiatan komunitas motor Biers Subuhan, 3. Untuk mengetahui efek dakwah dari komunitas motor Bikers Subuhan di kota Serang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa : Metode dakwah yang diterapkan oleh komunitas Bikers Subuhan yaitu menggunakan metode dakwah bil lisan, bil qolam dan bil hal dalam penyampainnya kepada khalayak. Komunitas ini namun lebih condong pada metode dakwah bil lisan dengan pendekatan al-mau’idzah al-hasanah. Pesan dakwah yang terdapat dalam komunitas Bikers Subuhan mencakup 3 aspek yaitu aspek keimanan (aqidah), aspek hukum Islam (syriat) dan aspek akhlak. Efek dari kegiatan dakwah komunitas Bikers Subuhan selalu diarahkan untuk mempengaruhi tiga aspek. Aspek pengetahuannya, aspek sikapnya dan aspek perilakunya Dalam hal ini sedikitnya ada 3 efek dakwah yang diberikan komunitas Bikers Subuhan terhadap khalayak, yaitu ; efek kognitif, efek afektif dan efek behavioral.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunitas, Sarana Dakwah, Pesan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2021 00:59 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 06:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6980 |
Actions (login required)
Lihat Item |