Firdaus, Ahmad Ilfani (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mensupervisi Guru Terhadap Program Tahfidz Qur’an (Studi Kasus Di Yayasan Islam Al-Firdaus Tangerang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. Cover Tesis New.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
3.1 Abstrak Indo 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I Tesis.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (298kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (253kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (405kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (147kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
9 DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (180kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ahmad Ilfani Firdaus, 2018. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mensupervisi Guru Terhadap Program Tahfidz Qur’an (Studi Kasus Di Yayasan Islam Al-Firdaus Tangerang). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Kepala Madrasah sebagai pemimpin mempunyai tugas untuk merealisasikan visi dan juga menterjemahkannya ke dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Lembaga pendidikan yang bermutu dapat terwujud apabila didukung oleh pemimpin yang paham tentang kepemimpinan dan supervisi Guru. Tahfidzul Qur’an merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menentukan kompetensi lulusan di Yayasan Islam Al-Firdaus baik MI dan MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mensupervisi Guru tahfidz Qur’an serta faktor yang mendukung dan menghambatnya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap program Tahfidz Qur’an di MI Nurul Falah dan MTs Al-Firdaus pada Yayasan Islam Al-Firdaus Tangerang? 2) Bagaimana Kepala Madrasah Sebagai Supervisi Guru Terhadap Program Tahfidz Qur’an di MI Nurul Falah dan MTs Al-Firdaus pada Yayasan Islam Al-Firdaus Tangerang? 3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi Guru terhadap program Tahfidz Qur’an di MI Nurul Falah dan MTs Al-Firdaus pada Yayasan Islam Al-Firdaus Tangerang? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mensupervisi Guru terhadap program Tahfidz Qur’an. 2) Mengetahui Kepala Madrasah Sebagai Supervisi Guru terhadap program Tahfidz Qur’an. 3) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi Guru terhadap program Tahfidz Qur’an. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan membercek. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1)Kepala Madrasah telah menjalankan perannya sebagai manajer dan juga supervisor yang sangat baik. Hal ini terlihat dari bagaimana Kepala Madrasah dalam mensupervisi Guru terhadap program tahfidz Qur’an dalam kegiatan pembelajaran tahfidz Qur’an di Yayasan Islam Al-Firdaus, yang hasilnya, siswa berhasil mencapai kompetensi yang sudah ditentukan bahkan melampauinya. 2)Dari hasil supervisi, dapat diketahui dalam pelaksanaan pembelajaran program tahfid Qur’an Guru tahfidz di Yayasan Islam Al-Firdaus telah menjalankan program dengan baik dan sesuai dengan apa yang di instruksikan Kepala Madrasah. 3)Tersedianya SDM Guru Tahfid yang mumpuni. Guru tahfid sudah hafal juz 30-29 juz dan kompeten dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar tahfidz Qur’an. Faktor penghambat dari program tahfidzul Qur’an atara lain kurangnya dukungan dari orang Tua ketika di rumah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Supervisi, Tahfizul Qur’an. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Jun 2021 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 24 Jun 2021 02:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6863 |
Actions (login required)
Lihat Item |