LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERBASIS AGAMA UNTUK MENANGANI KECEMASAN PADA WARGA BINAAN (Studi Kasus di Rutan Klas II B Serang)

NOVIANI, INDAH (2017) LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERBASIS AGAMA UNTUK MENANGANI KECEMASAN PADA WARGA BINAAN (Studi Kasus di Rutan Klas II B Serang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Caver.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (101kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (231kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (311kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (156kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (147kB)

Abstrak

Terapi zikir bagi warga binaan yang ada di Rutan Klas II B Serang, merupakan salah satu bagian dari pembinaan yang ada di Rutan Klas II B Serang. Yang bertujuan untuk membantu warga binaan yang sedang mengalami permasalahan yang sudah dilakukan dan harus di pertanggung jawabkan atas perbuatannya. Rutan merupakan suatu tempat pembinaan warga binaan yang melakukan kesalahan, seseorang yang masuk ke dalam penjara akan jauh dari sanak saudara yang membuat warga binaan merasa jenuh, patah semangat bahkan sampai warga binaan merasa cemas dan stres. Karena pada dasarnya warga binaan mengalami berbagai dinamika psikologis yang ia terima. Maka dari itu agar warga binaan tidak mengalami berbagai dinamika psikologis, ketika menjalani masa hukumannya di Rutan, terutama agar warga binaan tidak dapat mengulangi perbuatannya kembali. Maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:1). Bagaimana kondisi kecemasan yang dialami warga binaan Rutan Klas II B Serang? 2). Bagaimana penerapan terapi zikir dalam menangani kecemasan Rutan Klas II B Serang? 3). Bagaimana dampak terapi zikir dalam menangani kecemasan pada warga binaan Rutan Klas II B Serang.? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah:Warga binaan di Rutan Klas II B Serang mengalami kecemasan dengan berbagai gejala, gejala kognitif: memikirkan bahaya secara berlebihan, menganggap bahwa dirinya tidak mampu mengatasi masalah khawatir dan berfikir tentang hal yang buruk, gejala afektif: salah satu ciri kecemasan yang hanya bisa dirasakan oleh warga binaan yang mengalami cemas, panik, jengkel, dan gugup, gejala fisiologis: gejala yang tidak bisa terlihat nampak tetapi dapat dirasakan oleh warga binaan yang mengalami kecemaan dan dapat diamati oleh orang lain pada setiap reaksi fisik yaitu: telapak tangan berkeringat, pusing, susah tidur, jantung berdegup kencang dan wajah memerah. Kegiatan terapi zikir yang sudah dilakukan oleh warga binaan yang mengalami kecemasan di Rutan Klas II B Serang menggunakan teknik terapi konseling individual dan kelompok, hal ini terapi zikir dikhususkan untuk satu orang klien. Dan setelah terapi zikir diterapkan berdampak positif dalam membantu menangani kecemasan pada warga binaan di Rutan Klas II B Serang, warga binaan lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta dan menjadi lebih sadar akan tangggung jawab yang harus diambil dalam menjalani kehidupannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling individual, terapi zikir dan kecemasan.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:24
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.