Zahroturrohmah, Zahroturrohmah (2021) Pengembangan Modul Praktikum IPA dengan Pendekatan Inkuiri (Research and Development di Kelas V MI Tarbiyatul Mubtadiin Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (351kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (166kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (242kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (663kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Zahroturrohmah. 161240069. 2021. Pengembangan Modul Praktikum IPA dengan Pendekatan Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul praktikum IPA dan untuk mengetahui kelayakan modul praktikum IPA dengan pendekatan inkuiri di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Thiaragarajan, yaitu difine (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 16 siswa kelas V di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan, serta aspek bahasa dan materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Sementara tingkat reliabilitas atau kesepakatan antar penilai (rater) dianalisis dengan menggunakan teknik IRR model presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rekapitulasi secara keseluruhan dari tiga aspek berdasarkan ketiga validator memperoleh nilai skor 4,78. Sesuai kriteria kelayakan produk, rerata skor aspek keseluruhan ini dinyatakan valid. Selain itu tingkat kesepakatan antar penilai mendapatkan skor 84%. Sesuai kriteria kelayakan produk, skor ini lebih besar daripada skor maksimal yaitu 80%, maka hal ini menunjukkan produk praktikum IPA sudah layak digunakan. Selanjutnya hasil respons siswa terhadap modul praktikum IPA menunjukkan skor 96% termasuk kategori “sangat baik”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Inkuiri, Praktikum, IPA. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 14 Jun 2021 04:50 |
Perubahan Terakhir: | 14 Jun 2021 04:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6764 |
Actions (login required)
Lihat Item |