TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEMINIMALISIR RASA IRI DALAM KELUARGA PADA REMAJA SULUNG (Studi Kasus di Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang)

NURHAYATI, FITRI (2017) TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MEMINIMALISIR RASA IRI DALAM KELUARGA PADA REMAJA SULUNG (Studi Kasus di Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (385kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (199kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (248kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (90kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (146kB)

Abstrak

Anak sulung adalah anak yang paling tua atau anak yang lahir dari suatu keluarga dan anak pertama yang lahir di sebuah keluarga dengan saudara berikutnya. Anak sulung awalnya mendapatkan perhatian yang utuh sampai terbagi saat adiknya lahir. Kondisi tersebut mengubah situasi dan pandangan anak yang berada pada posisi sulung. Beberapa anak sulung di Desa Margagiri Kecamatan Bojonegara yang iri pada adik, problem psikologis itu meliputi kecemburuan karena dibanding-bandingkan, kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi psikis dan behavioral remaja sulung di Desa Margagiri dalam status sebagai anak sulung dalam keluarganya? 2) Bagaimana penerapan dan hasil Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meminimalisir rasa iri pada remaja sulung di Desa Margagiri? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi psikis dan behavioral remaja sulung di Desa Margagiri dalam status sebagai anak sulung dalam keluarganya. 2. Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan dan hasil Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meminimalisir rasa iri pada remaja sulung di Desa Margagiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku klien yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi dan wawancara. Selain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan treatment konseling melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Anak sulung yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah yang tergolong remaja akhir usia 18-21 tahun. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan tentang rasa iri yang dialami anak sulung pada adiknya yaitu dapat dilihat dari dua sudut; Pertama Psikis: benci, cemburu, curiga, kesal, mudah marah, dan egois. Kedua behavioral: perkelahian dengan saudaranya, enggan untuk berbagi, menggertak, dan merendahkan. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa proses konseling melalui teknik REBT berjalan dengan baik dan mampu menyelesaikan problem-problem yang dialami pada remaja sulung yang iri pada adiknya dengan berbagai teknik yang telah dilakukan. Pada responden UH, NH dan FS mampu meminimalisir rasa iri dan mampu mengendalikan emosi. Tetapi kedua responden DW dan NF belum berhasil dalam penerapan treatment, problem psikis dan behavioral belum teratasi karena kasus yang tergolong sangat berat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): REBT, iri, keluarga, remaja
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:24
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.