تحليل كتاب القراءة الرشيدة لعبد الفتاح صبري وعلى عمر للصف الأول الثانوي وتطبيقه في تعليم القراءة بمعهد دار الاستقامة الحديث

Anwar, Khairul (2021) تحليل كتاب القراءة الرشيدة لعبد الفتاح صبري وعلى عمر للصف الأول الثانوي وتطبيقه في تعليم القراءة بمعهد دار الاستقامة الحديث. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (660kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (731kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (766kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (500kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (931kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (427kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (449kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Peneliti meneliti buku ajar "ا مٌشاءة ا شٌش ذٍة صٌٍف الأوي ا ثٌىاوي" karya Abdel Fattah Sabry dan Ali Omar untuk kelas 1 MA, karena penulis terkenal menggunakan buku-bukunya di Indonesia. Khususnya untuk pembelajaran dalam kemampuan membaca yang digunakan oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI dar-el istiqomah, buku ا مٌشاءة ا شٌش ذٍة "karya abdel fattah sabry dan ali omar pada mata pelajaran qiraah. Untuk Sekolah Menengah Pertama. Kelas 1 adalah salah satu buku yang ditulis untuk kemampuan mebaca. Buku ini digunakan untuk melatih keterampilan membaca bahasa Arab menggunakan tata bahasa Arab yang benar untuk siswa kelas satu sekolah menengah dipondok pesantren Dar Al-Istiqamah. Hati saya merasa perlu untuk menelusuri atau meneliti buku ini karena buku ini digunakan dalam pembelajaran dipondok-pondok pesantren perlu mengetahui pentingnya konten yang ada. Analisis isi buku ajar karya Abdel Fattah Sabry dan Ali Omar ini belum pernah diteliti sebelumnya, walaupun penelitian tentang kajian buku ajar sudah ada, namun hingga saat ini belum ditemukan penelitian dari buku tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian pustakawan atau deskriptif dalam mendekati dan menganalisis isi buku tersebut. Topik dalam penelitian ini adalah analisis buku ajar ا مٌشاءة ”ا شٌش ذٍة صٌٍف الأوي ا ثٌىاوي " karya Abdel-Fattah Sabry dan ali omar untuk siswa kelas kesepuluh pondok pesantren Dar Al-Istiqamah. Sumber sekunder untuk menyempurnakan data-fata penelitian dan beberapa buku bahasa arab secara ilmiah yaitu buku analisis isi dan penelitian ilmiah untuk melengkapi referensi hasil penelitian yang berkaitan dengan topik dan sumber-sumber data melalui wawancara dengan guru dipondok pesantren Dar Al-Istiqamah, yaitu buku ا مٌشاءة ا شٌش ذٍة "” dan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang latar belakang penggunaaan buku tersebut Isi Buku ا مٌشاءة ا شٌش ذٍة "” karya Abdel Fattah Sabry dan Ali Omar juz III yang mencakup 140 halaman dan 60 judul, termasuk sampul buku "yang ditetapkan oleh " Kementerian Pendidikan Umum cetakan ke 31 م tahun 1954. Adapun Komponen dari buku ini ا مٌشاءة ا شٌش ذٍة صٌٍف الأوي ا ثٌىاوي "" oleh Abdel Fattah Sabry dan Ali Omar terdiri dari dua puluh enam judul yang diajarkan oleh para guru kepada para murid di pondok pesantren dar-istiqomah yaitu. ا شٌّشوق، وهضت ا غٌٍت، ا تٌّهاون، ه تؼاهذو ػ ىٍ تشن ا ىٌزب، سشػت ا خٌاطش، تاس خٌ طابغ ا بٌش ذٌ، ا جٌامغ الأصهش، رواء ا غٌشبان، وباهت ا شٌّ فٌ ،ً تؼفف ػمش به ػبذ ا ؼٌض ضٌ، أوه طف ضش شٌ، س طٍان ا حٌك مٌهش س طٍ هٍ ا مٌ هٍ، ا تٌم ذٍٍ الأػمى، ا شٌئ سٍ ابه س ىٍا، الأم شٍ وا سٌجىاء،اوشستىفش وى مٌبس، تىش فٍ أمش مٌا، اصٌّب ؼٍت واضٌّفذاع، وزب ا مٌىجّمىن و ىٌ صذلى، ا شٌ اٌضت ا بٌذو تٍّ، جضاء ا خٌ اٍوت، وفاء ا سٌّمىءي، ا مٌاضى والأم شٍ، إوتخاب ا مٌ هٍ، وسش وا فٌلّّح ا شٌّ خٍ، ػظت مٌمان لابى هٍ Adapun kesimpulan yang peneliti dapati adalah Setelah peneliti menganalisis konten buku qiroah rsidah, dapat disimpulkan bahwa buku itu hanya menyertakan cerita-cerita saja, maka berdasarkan teori yang telah dikemukakan oleh peneliti pada bab dua bahwa buku tersbut masih memiliki kekurangan untuk dianggap sebgai buku ajar untuk kemahiran membaca. Semestinya dibuku tersebut disertakan latihan-latihan yang bervariatif sesuai dengan kemampuan membaca seperti latihan pemahaman terhadap teks, latihan mencocokan ide, latihan mencari ide ide yag salah dan benar, atau menyimpulkan kembali isi teks tersebut menggunakan bahasa mereka

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Mei 2021 03:43
Perubahan Terakhir: 22 Mei 2024 03:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.