Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dengan Menggunakan Media Gambar (PTK di Kelas IV SDN Blukbuk 1 Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang)

Apriliyanti, Yayah (2021) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dengan Menggunakan Media Gambar (PTK di Kelas IV SDN Blukbuk 1 Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (377kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (353kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (373kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)

Abstrak

Yayah Apriliyanti, 161240047, Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Dengan Menggunakan Media Gambar (PTK di Kelas IV SDN Blukbuk 1 Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SDN Blukbuk 1 dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Blukbuk 1 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator tindakan keberhasilan ditandai dengan minimal 75 % dari jumlah siswa pada kategori baik dan sangat baik (≥76% dari aktivitas siswa yang diamati). Aktivitas tersebut meliputi aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, dan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN Blukbuk 1 dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik. Aktivitas belajar IPA pada Pra siklus yaitu hampir seluruh siswa pada kategori sangat kurang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar. Pada siklus I mengalami peningkatan 34 % dari kondisi awal hanya 4 % siswa pada kategori baik dan sangat baik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II setelah dilakukan tindakan yaitu dengan meminta anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan guru menghargai setiap gagasan siswa serta memberikan dukungan berupa tepuk tangan pada saat siswa akan presentasi. Aktivitas belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan media gambar siswa kelas IV SDN Blukbuk 1 pada siklus I 34 %, sikus II sebesar 52 % meningkat menjadi 90 % pada kategori baik dan sangat baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Aktivitas Belajar, IPA, Media Gambar.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2021 03:45
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2021 03:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.