Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Metode RME (Realistic Mathmatic Education) (PTK Di Kelas V Sdn Kesatrian)

Ulfah, Ulfah (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Metode RME (Realistic Mathmatic Education) (PTK Di Kelas V Sdn Kesatrian). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (394kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (210kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau

Abstrak

ULFAH, NIM: 122700542, Judul Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Metode RME (Realistic Mathmatic Education) (PTK Di Kelas V Sdn Kesatrian) Pembelajaran mtematika di kelas V SDN Kesatrian menggunakan metode konvensional, sehingga dalam proses pembelajarannya hanya berjalan satu arah, hasil belajar siswa masih banyakyang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perbaikan pembelajaran sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kesatrian dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penggunaan metode RME diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode RME (realistic mathematic education) pada pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok pada kelas V SDN Kesatrian, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok pada kelas V SDN Kesatrian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunkan model PTK Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan dikelas V SDN Kesatrian dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Metode pembelajaran yang dugunakan yaitu metode RME. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, pertama, penerapan metode RME sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam metode RME dapat dilakukan dengan baik. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai daris etiap siklus. Pada pra siklus presentase ketuntasannya mencapai 17,85%, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 21, 42%, dan pada siklus II presentase ketuntasan menjadi 82,14%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode RME pada pembelajaran matematika pada materi volume kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode RME (Realistic Mathematic Education) dan pembelajaran Matematika
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 04:36
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.