Pembinaan Tajwid dan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang

Nufusiah, Zuhrotun (2021) Pembinaan Tajwid dan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (80kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (338kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (512kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (272kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Zuhrotun Nufusiah. NIM 161210077, Judul Skripsi Pembinaan Tajwid dan Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dan juga efektivitas dari pelaksanaan pembinaan tajwid dan tahsin terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan manfaat untuk orang lain maka dari itu ditekankan sebagai pembinaan agar subjek yang dibina menjadi memiliki pengetahuan baru dan pemahaman yang lebih dari sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian participatory action research (PAR), yaitu penelitian yang menggunakan tindakan dan keterlibatan langsung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari sumber data primer ialah guru dan 25 peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder dari dokumen-dokumen dan juga lingkungan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Fatih Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Adanya peningkatan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi binaan tajwid dan tahsin : nun sukun dan tanwin dan surat Al-Fatihah, dilihat dari hasil tes yang dilaksanakan setelah melakukan pembinaan. (2) adanya efektivitas kegiatan pembinaan tajwid dan tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Dikatakan demikian karena pembinaan tajwid dan tahsin yang dilaksankan berhasil memberikan pengaruh berupa perubahan peningkatan kemampuan tajwid dan tahsin peserta didik dalam membaca Al-Qur’an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembinaan, Tajwid, Tahsin, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 04:14
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.