Nuriyah, Nuriyah (2017) Teknik Token Economy dalam Mengatasi Siswa yang Kecanduan Game Online (Studi Kasus di SDN Cidahu, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (171kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (201kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (228kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (135kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (165kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Game online merupakan gaya hidup yang modern bagi kalangan remaja khususnya pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anakanak TK, dan bukanlah hal asing lagi. Di zaman sekarang ini, banyak fakta yang kita jumpai saat ini, maka tidak jarang kalangan remaja bahkan anakanak yang sedang bermain game online. Permainan game online ini menjamur dikota-kota besar di Indonesia bahkan sampai kepedesaan, di beberapa warung internet terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu menghabiskan waktunya hingga menunggu berjam-jam untuk bermain game online Berdasarkan latar belakang di atas, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa faktor yang mempengaruhi siswa kecanduan game online? 2) Bagaimana mengatasi siswa yang kecanduan game online dengan teknik token economy? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kecanduan game online. 2) Untuk mengetahui upaya penanganan siswa yang kecanduan game online dengan teknik token economy. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan metode pengumpulan datanya dengan penggunaan metode yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah lima siswa SDN Cidahu yang memiliki perilaku kecanduan game online. Kesimpulan penelitian ini ada delapan faktor yang mempengaruhi siswa yang kecanduan game online dengan yaitu: kesatu faktor internal (1). kurang disiplin (2) kurang kemauan (3). perasaan kurang nyaman. Kedu faktor eksternal (4) bergaul dengan teman yang tidak sekolah (5) latar belakang keluarga, (6) kurangnya perhatian orang tua (7) dimanjakan oleh orang tua Orang tua(8) Lingkungan sosial Dalam mengatsi siswa yang kecanduan game online terdapat beberapa langkah yaitu: (1) Mencairkan suasana, (2) Membuat kesepakatan bersama tidak mengulangi perilaku yang tidak diharapkan, (3) pemberian koin, (4) penukaran koin dengan hadiah. Dan ada tujuh pertemuan pelaksanaan teknik token economy yaitu: (1) wawancara dan assessment (2) menggali informasi mengenai permasalahan (3) menentukan tujuan dari konseling (4) klien sepakat untuk menghilangkan perilaku yang tidak diharapkan (5) peneliti sudah melalui penerapan teknik token economy (6) masih dalam tahap penerapan (7) melakukan evaluasi tujuan agar peneliti mengetahui apakah proses berjalan dengan sesuai yang telah diharapkan. Hasil teknik token economy yang telah diharapkan yaitu: (1) disiplin (2) ada kemauan (3) rasa nyaman kedua faktor eksternal yaitu (4)bergaul dengan teman yang sekolah (5)lebih mandiri (6)lebih diperhatikan (7)tidak lagi dimanjakan (8) lingkunagn sosial yang baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Token Economy, Game Online |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2017 05:57 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 04:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/638 |
Actions (login required)
Lihat Item |