Teknik Token Economy dalam Mengatasi Siswa yang Kecanduan Game Online (Studi Kasus di SDN Cidahu, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang)

Nuriyah, Nuriyah (2017) Teknik Token Economy dalam Mengatasi Siswa yang Kecanduan Game Online (Studi Kasus di SDN Cidahu, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (171kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (201kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (228kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (165kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Game online merupakan gaya hidup yang modern bagi kalangan remaja khususnya pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anakanak TK, dan bukanlah hal asing lagi. Di zaman sekarang ini, banyak fakta yang kita jumpai saat ini, maka tidak jarang kalangan remaja bahkan anakanak yang sedang bermain game online. Permainan game online ini menjamur dikota-kota besar di Indonesia bahkan sampai kepedesaan, di beberapa warung internet terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu menghabiskan waktunya hingga menunggu berjam-jam untuk bermain game online Berdasarkan latar belakang di atas, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa faktor yang mempengaruhi siswa kecanduan game online? 2) Bagaimana mengatasi siswa yang kecanduan game online dengan teknik token economy? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kecanduan game online. 2) Untuk mengetahui upaya penanganan siswa yang kecanduan game online dengan teknik token economy. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan metode pengumpulan datanya dengan penggunaan metode yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah lima siswa SDN Cidahu yang memiliki perilaku kecanduan game online. Kesimpulan penelitian ini ada delapan faktor yang mempengaruhi siswa yang kecanduan game online dengan yaitu: kesatu faktor internal (1). kurang disiplin (2) kurang kemauan (3). perasaan kurang nyaman. Kedu faktor eksternal (4) bergaul dengan teman yang tidak sekolah (5) latar belakang keluarga, (6) kurangnya perhatian orang tua (7) dimanjakan oleh orang tua Orang tua(8) Lingkungan sosial Dalam mengatsi siswa yang kecanduan game online terdapat beberapa langkah yaitu: (1) Mencairkan suasana, (2) Membuat kesepakatan bersama tidak mengulangi perilaku yang tidak diharapkan, (3) pemberian koin, (4) penukaran koin dengan hadiah. Dan ada tujuh pertemuan pelaksanaan teknik token economy yaitu: (1) wawancara dan assessment (2) menggali informasi mengenai permasalahan (3) menentukan tujuan dari konseling (4) klien sepakat untuk menghilangkan perilaku yang tidak diharapkan (5) peneliti sudah melalui penerapan teknik token economy (6) masih dalam tahap penerapan (7) melakukan evaluasi tujuan agar peneliti mengetahui apakah proses berjalan dengan sesuai yang telah diharapkan. Hasil teknik token economy yang telah diharapkan yaitu: (1) disiplin (2) ada kemauan (3) rasa nyaman kedua faktor eksternal yaitu (4)bergaul dengan teman yang sekolah (5)lebih mandiri (6)lebih diperhatikan (7)tidak lagi dimanjakan (8) lingkunagn sosial yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Token Economy, Game Online
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:57
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 04:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.