PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PARA REMAJA

AHMADI, AGUS (2017) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PARA REMAJA. Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks (COVER)
CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB)
[img] Teks (LAMPIRAN ISI SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (858kB)

Abstrak

Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang memberikan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai peribadi, masyarakat, bangsa dan negara melalui materi keimanan, bimbingan ibadah, al-Qur‟an, hadits, akhlaq, syariah/fiqih/muamalah dan tarikh (sejarah Islam), yang bersumberkan kepada al-Qur‟an dan hadits. Materi pendidikan agama Islam merupakan satu-satunya materi pendidikan yang sangat tepat dalam membentuk tingkah laku dan kepribadian anak remaja. Untuk membantu remaja dalam mengatasi permasalahan dan kondisi kejiwaannya, serta untuk mencapai pembinaan para remaja dibutuhkan pendidikan agama Islam atau kecerdasan agama yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan agama Islam dalam pembinaan remaja, 2). Untuk mengetahui upaya-uapaya apasaja yang dilakukan untuk pembinaan remaja melalui pendidikan agama Islam, 3). Untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan remaja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan studi kepustakaan (Library Research). Seluruh data yang ada, dianalisa dengan menggunakan pendekatan deduktif, induktif dan kontent serta pendekatan analisa deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah konsep pendidikan Islam dalam membina remaja adalah upaya untuk membina keselamatan hidup di dunia, agar dengan keselamatan itu akan diperoleh kesejahteraan hidup di akhirat. Usaha yang dimaksud adalah berupa perbaikan aqidah, ibadah, keluarga, adat istiadat, pendidikan, perekonomian, sosial dan umat. Upaya-upaya yang dilakukan untuk pembinaan remaja melalui pendidikan agama Islam di lahan pendidikan akhlaq oleh orang tua melalui pendidikan akhlaq oleh guru, pendidikan akhlaq oleh tokoh masyarakat. Peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan remaja meliputi: Pengisi pembendaharaan akhlaq yang baik pada remaja; Pengarah jalan lurus benar pada remaja; Motivator hidup sederhana pada remaja; Acuan proses pencapaian tujuan pendidikan nasional; Pembuka adanya lembaga pendidikan agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Agama Islam, Remaja
Subjek: 2x0 ISLAM (Umum) > 2x0.0-12.9 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:57
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2017 05:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.