Penerapan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pernikahan dalam Islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang

Nurfikriyani, Agista (2021) Penerapan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pernikahan dalam Islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks
2. BAGIAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (322kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (176kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (422kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (109kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB)

Abstrak

Agista Nurfikriyani. 152102081. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pernikahan dalam Islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang. Pembelajaran PBL adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara belajar kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengethauan dan konsep yan esensial dari materi pelajaran. Dengan model Problem Based Learning proses pembelajaran diharapkan berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa untuk memecahkan materi pembelajaran, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran PAI materi pernikahan dalam islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang, (2) Bagaimana evaluasi dari penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran PAI materi pernikahan dalam islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang, (3) Apa saja faktor penghambat dalam penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran PAI materi pernikahan dalam islam kelas XII di SMK Negeri 2 Pandeglang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menganalisis hasil pelaksanaan Problem Based Learning, serta faktor penghambat yang di hadapinya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teori Milles and Huberman, langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Informan penelitian adalah Wakasek Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam kelas XII, dan Siswa kelas XII. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan penerapan model Problem Based Learning tahap pertama merancang pembelajaran yaitu menyiapkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tahap yang kedua merupakan pelaksaaan pembelajaran berdasarkan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Adapun pembelajaran berjalan lancar dengan langkah-langkah model Problem Based Learning yaitu mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan secara mandiri dan kelompok, mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model PBL yaitu siswa diberikan kesempatan bertanya mengenai hal-hal-hal yang belum dipahami, evaluasi pembelajan tidak hanya dilakukan diakhir pembelajaran saja namun dilakukan pada penilaian tengah dan akhir semester baik secara lisan,tulis atau praktek. (3) Faktor penghambat penerapan Problem Based Learning adalah masih kurangnya keaktifan siswa, pengetahuan yang dimiliki siswa, dan sumber belajar yang belum cukup.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Problem Based Learning, Pernikahan dalam Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2021 07:49
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 06:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6097

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.