MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA SERANG

MUSTAFID, HIDAYATUL (2017) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
HIDAYATUL MUSTAFID-122111527 (SKRIPSI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NEGERI 1 KOTA SERANG).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sistem pendidikan karakter yang ada sekarang ini terlalu berorientasi pada pengembangan otak kiri (kognitif) dan kurang memperhatikan pengembangan otak kanan (afektif, empati, dan rasa). Teori yang melandasi bahwa pada pengembangan karakter lebih berkaitan dengan optimalisasi fungsi otak kanan. Dengan adanya pendidikan karakter diharapkan mampu menciptakan manusia yang memiliki adab, adat yang baik, bermartabat dan juga berkarakter. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter di MTs Negeri 1 Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang model pendidikan karakter di MTs Negeri 1 Kota Serang. Sedangkan manfaatnya adalah sebagai masukan dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter di Madrasah terutama dalam hal akhlak atau karakter serta dapat mendidik dan membina siswa agar dapat membiasakan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogis. Analisis data dilakukan dengan tiga jenis kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pendidikan karakter di MTs Negeri 1 Kota Serang sudah sejak dulu direalisasikan sebelum adanya kurikulum 2013. Model yang diterapkan adalah model integritas di mana dalam setiap pelaksanaannya pendidikan karakter diintergrasikan dalam setiap mata pelajaran dan model suplemen yang dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran seperti ekstrakulikuler. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa pendidikan karakter sudah direalisasikan sejak MTs Negeri 1 Kota Serang berdiri dengan model yang diterapkan yaitu model integritas dan suplemen (ekstrakulikuler).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PENDIDIKAN KARAKTER; Psikologi siswa
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2017 05:56
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2017 05:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.