Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energy Sub Tema 2 Manfaat Energi Berbasis Pendidikan Karakter Bernuansa Kontekstual. (Studi di MI Raudlatul Athfal Carenang)

Wahyudi, Eko (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energy Sub Tema 2 Manfaat Energi Berbasis Pendidikan Karakter Bernuansa Kontekstual. (Studi di MI Raudlatul Athfal Carenang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (253kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (110kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (200kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB)
[img] Teks
BAB IV .pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (535kB)
[img] Teks
BAB V .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB)

Abstrak

Eko Wahyudi, 152400814. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energy Sub Tema 2 Manfaat Energi Berbasis Pendidikan Karakter Bernuansa Kontekstual. (Studi di MI Raudlatul Athfal Carenang) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan modul pembelajaran tematik Kelas IV Tema 2 “Selalu Berhemat Energy” sub tema 2 “Manfaat Energi” berbasis pendidikan karakter dan bernuansa kontekstual untuk Siswa Kelas IV MI Raudlatul Athfal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development menggunakan prosedur 4-D Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahapan yaitu, (Define, Desain, Development, And Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dgunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji kelayakan modul pada hasil validasi Aspek Komponen Modul memperoleh nilai rata-rata skor 4,73 dengan kategori layak, dan pada hasil validasi aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 4,47 dengan kategori layak, serta pada hasil validasi aspek pemanfaatan memperoleh nilai rerata skor 4,93 dengan kategori layak, serta pada hasil validasi aspek materi memperoleh nilai rata-rata 4,84 dengan kategori layak. Jadi hasil rekapitulasi keseluruhan aspek memperoleh rata-rata skor 4,74 dengan kategori sangat layak. Dan dari hasil perhitungan percent agrement atau presentase kesepakatan di antara penilai-penilai maka diperoleh IRR senilai 0,65 atau 65% dengan kategori reabilitas moderat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Pembelajaran, Tematik, Karakter, Kontekstual
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Feb 2021 05:36
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 04:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.