Tarihoran, Naf’an (2014) Pandangan Masyarakat Terhadap Alumni Program Peningaktan Kualifikasi Guru Madrasah melalui Program Dual Mode System di FTK IAIN Banten. Laporan Proyek. LP2M, Serang.
|
Teks
2-Pandangan Masyarakat terhadap Alumni.pdf Download (29MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penarikan kesimpulan, pengecekan data menggunakan triangulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Pandangan masyarakat terhadap lembaga program kualifikasi DMS. (2). Pandangan masyarakat terhadap kompetensi alumni program DM, khususnya Kompetensi paedagogik dan kompetensi professional guru alumni program DMS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1). Pandangan masyarakt terhadap lembaga dan Alumni program DMS sangat baik, terbukti dengan antusias masyarakt, khususnya masyarakat yang ikut program DMS. Mereka yang mengikuti program DMS tidak hanya memenuhi kualifikasi, tetapi juga meningkatkan kompetensi mereka, terutama kompetensi Paedagogik dan professional. (2). Masyarakat, khsususnya kepala madrasah melihat perubahan dalam proses belajar dan perubahan dalam pembelajarn yang juga proses pembelajaran yang lebih aktif, akan tetapi hal itu dipengaruhi oleh tingkat pendidikan guru dan kompetensi profesionalnya. Pada umumnya alumni dari program DMS dapat mengikuti program sertifikasi dari pemerintah karena mereka sudah memeenuhi keulaifikasi yang dimanatkan dalam undang-undangan guru dan dosen tahun 2003. 3). Faktor yang mempengaruhi pandangan kepala madrsaah dan guru Madrasah Ibtidaiyah adalah, tingkat kepercayaan diri guru/ alumni program DMS lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mereka mengikuti program tersebut. Setelah dilakukan pembahasan terhadap hasil temuan penelitian, selanjutnya dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut : (1). Masyarakat sangat berpandangan bahwa lulusan program DMS Masyarakat atau stakholder madrasah, guru mengharapakan agar program kualifikasi tersebut dilanjutkan karena sangat membantu sekolah/madrasah untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya peningkatan standar tenaga pendidikan dan kependidikan (tendik) yaitu guru. (2). Diharapkan bagi peneliti lain untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode yang lain, sehingga dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah yang ada. (3). Bagi program DMS hendaknya dapat meningkatkan fungsi dan perannya dalam kegiatan-kegiatan meningkatkan pendidikan tidak hanya program DMS tapi juga peningkatan mutu profesional guru secara berkelanjutan.
Tipe Item/Data: | Monografi (Laporan Proyek) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Hasil PenelitiannTahun 2014 |
Kata Kunci (keywords): | Peningkatan Kualifikasi, Program Dual Mode System |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 11 Feb 2021 05:59 |
Perubahan Terakhir: | 11 Feb 2021 05:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6012 |
Actions (login required)
Lihat Item |