MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Mu’izzuddin, Mochamad (2020) MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI), Tangerang Banten. ISBN 978-623-7781-44-8

[img] Teks
MODEL DESAIN PEMBELAJARAN.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Heterogenitas latar belakang mahasiswa yang menjadi kendala dalam mendesain model pembelajaran bahasa Arab di Jurusan PAI dan mengimplementasikan mata kuliah bahasa dalam kurikulum PAI yang perlu diamati dalam pelaksanan pembelajaran di Kelas. Perumusan masalah adalah (1) Bagaimana pengembangan model desain pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan di Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN SMHBanten? (2) Bagaimana identifikasi kebutuhan pembelajaran Bahasa Arab dan merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Jurusan pendidikan Agama Islam UIN SMHBanten? (3) Bagaimana pengembangan bahan ajar Bahasa Arab dan implementasinya di Jurusan Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengembangan model desain pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan di Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN SMHBanten; (2) Mengetahui identifikasi kebutuhan pembelajaran Bahasa Arab dan merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN SMHBanten; (3) Mengetahui pengembangan bahan ajar Bahasa Arab dan implementasinya di Jurusan Pendidikan Agama Islam Metodologi penelitian ini digunakan Metode penelitian ini adalah metode ekspository survey terhadap model desain pembelajaran bahasa Arab (Penelitian Pengembangan silabus, SAP, materi/bahan ajar pembelajaranBahasa Arab Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan model desain pembelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, angket, dan observasi peneliti di lapangan. Hasil Penelitian ditemukan bahwa Model desain pembelajaran bahasa Arab lebih menekankan pada pengembangan keterampilan membaca, strategi pembelajaran eksploratif dan kooperatif, dan tujuan pembelajaran cenderung berorientasi pada pemahaman literature-literatur, kaidah-kaidah bahasa Arab, dan ilmu bahasa.Kebutuhan pembelajaran bahasa Arab tidak memenuhi kebijakan pada visi dan misi Jurusan PAI dan harapan profil lulusan PAI dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab hanya sebatas kemampuan yang real di lapangan yaitu kemampuan mahasiswa pada tataran pemahaman literature-literatur keagamaan berbahasa Arab, kaidah-kaidah bahasa Arab, dan ilmu bahasa. Kesesuaian materi ajar bahasa II dengan tujuan pembelajaran umum yang dirumuskan di silabus ini dinilai kurang sesuai kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di Jurusan PAI, strategi pembelajaran bahasa Arab II yang digunakan tidak berorientasi pada pembelajaran aktif bagi mahasiswa, penekanan keterampilan membaca dan menyimak semata, dan tingkat kesulitan dan kemudahan teks keagamaan berbahasa Arab dan aplikasi kaidah-kaidah bahasa Arab dapat dikatagorikan agak sulit atau tidak mudah.

Tipe Item/Data: Buku
Kata Kunci (keywords): Model, Desain, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2020 08:05
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2021 09:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.