MANAJEMEN PEMBERDAYAAN GURU MADRASAH ALIYAH

Fauzi, Anis (2015) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN GURU MADRASAH ALIYAH. LP2M IAIN SMH Banten, Banten. ISBN 978-602-72212-2-2

[img] Teks
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
Daftar Isi.doc

Download (54kB)
[img] Teks
Manajemen Pemberdayaan Guru Madrasah Aliyah.doc

Download (855kB)

Abstrak

Keberadaan guru di sekolah/madrasah harus dapat dilakukan pemberdayaan oleh pihak pimpinan sekoloah/madrasah, mulai dari komite sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah hingga wali kelas agar melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi guru yakni kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Proses interaksi dicirikan oleh adanya sekelompok orang yang sudah berdaya; ada sekelompok orang yang kurang berdaya; ada pihak-pihak yang diberdayakan oleh pihak yang sudah berdaya; pihak internal guru yang kurang berdaya; dan pihak eksternal guru yang memberdayakan. Tujuan guru diberdayakan adalah supaya menjadi guru yang profesional. Guru profesional bukan hanya memiliki kompetensi profesional, tetapi juga memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Oleh karena itu, aspek manajemen pemberdayaan dalam peningkatan kompetensi guru perlu dikaji lebih jauh. Buku ini ingin menggambarkan bentuk dan upaya manajemen pemberdayaan dalam peningkatan kompetensi guru di Tiga Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Banten. Sedangkan tujuan khusus buku ini ingin mengetahui bagaimana respon guru di lokasi penelitian tentang peluang peningkatan kualifikasi akademik dan peningkatan kompetensi mereka sebagai guru, serta ingin memahami masalahmasalah manajemen pemberdayaan dan peningkatan kompetensi guru pada Tiga Madrasah Aliyah Negeri di Banten.

Tipe Item/Data: Buku
Informasi Tambahan: LAMPIRAN-LAMPIRAN Pedoman Wawancara : Manajemen Pemberdayaan Guru Madrasah Aliyah (Untuk Pimpinan Madrasah Manajemen Pemberdayaan Guru Madrasah Aliyah (Untuk Guru Madrasah) Pedoman Observasi MANAJEMEN PEMBERDAYAAN GURU MADRASAH ALIYAH Pedoman Observasi CLASSROOOM OBSERVASION Cooding Kode Nara sumber yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah: A.1 = Kepala MAN Kragilan A.2 = Guru Senior MAN Kragilan A.3 = Guru Yunior MAN Kragilan A.4 = Guru Honorer MAN Kragilan B.1 = Kepala MAN 2 Kota Serang B.2 = Guru Senior MAN 2 Kota Serang B.3 = Guru Yunior MAN 2 Kota Serang B.4 = Guru Honorer MAN 2 Kota Serang C.1 = Kepala MAN Cilegon C.2 = Guru Senior MAN Cilegon C.3 = Guru Yunior MAN Cilegon C.4 = Guru Honorer MAN Cilegon
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 08 Jun 2017 07:19
Perubahan Terakhir: 08 Jun 2017 07:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.