Kolaborasi Guru dan Dosen

Fauzi, Anis (2016) Kolaborasi Guru dan Dosen. FTK Banten Press, Banten. ISBN 978-602-340-036-2

[img]
Pra Tinjau
Teks
Kolaborasi Guru dan Dosen.pdf

Download (993kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
DAFTR ISI Kolaborasi Guru dan Dosen.doc

Download (117kB)
[img] Teks
PEMBAHASAN Kolaborasi Guru dan Dosen.doc

Download (814kB)

Abstrak

Penulisan buku ini termotivasi oleh banyaknya kesamaan fenomena kegiatan profesi guru dan profesi dosen di lapangan. Mulai dari kegiatan awal berupa persiapan mengajar atau memberi kuliah, detik-detik pelaksanaan pembelajaran atau perkuliahan, hingga pekerjaan tambahan setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran atau perkuliahan. Melalui buku ini, penulis berupaya memotret implementasi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial dari profesi guru dan dosen di lapangan dalam berbagai bentuk. Termasuk di dalamnya kiprah sosial dan profesional yang bisa dilaksanakan oleh seorang guru dan dosen di lingkungan masyarakat dan wilayah pembangunan sekitarnya. Ternyata pelaksanaan tugas guru dan dosen membentuk kolaborasi edukatif yang menakjubkan, bernuansa kompleksitas, dan memiliki karakter yang dinamis. Buku ini berisi tujuh bab, yang terdiri atas: Bab I membahas tentang kolaborasi dan integrasi profesi guru dan dosen, Bab II membahas tentang Pengembangan Profesi Guru; Bab III membahas tentang Pengembangan Profesi Dosen, Bab IV membahas tentang Kelembagaan Sekolah; Bab V membahas tentang Pendidikan Kemasyarakatan, Bab VI membahas tentang Autodidaktika; dan Bab VII membahas tentang Pendidikan dan Pembangunan daerah. Penulis menyadari buku ini masih memiliki kelemahan dan kekurangan di sana sini. Namun penulis yakin masih tersimpan sejumlah manfaat langsung maupun tidak langsung. Sekalipun “tidak ada gading yang tak retak”, yakinlah bahwa “kecil itu indah”.

Tipe Item/Data: Buku
Informasi Tambahan: Dr. Anis Fauzi, M.SI., lahir di Serang pada tanggal 28 Oktober 1967. Sejak tahun 2003 hingga sekarang bekerja sebagai Dosen Tetap IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dalam mata kuliah: Manajemen Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan, Dasar-Dasar Kependidikan, Metodologi Penelitian Pendidikan, Metodologi Studi Islam, dan Sejarah Pendidikan Islam Nusantara. Sejak tahun 2000 tercatat sebagai Dosen Tidak Tetap di STKIP Situs Banten dalam mata kuliah: Kurikulum dan Pembelajaran PJKR, Evaluasi Pembelajaran PJKR, dan Seminar Agama Islam. Sejak tahun 2014 menjadi Staf Pengajar Tidak Tetap di Program Studi Teknologi Pembelajaran Konsentrasi Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNTIRTA Serang dalam mata kuliah Perencanaan Pendidikan. Pendidikan S-1 diselesaikan di Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI Bandung pada tahun 1991. Pendidikan S-2 diselesaikan di Magister Studi Islam UII Yogyakarta pada tahun 2002. Pendidikan S-3 diselesaikan di Program Pascasarjana S-3 UNINUS Bandung tahun 2012. Buku yang telah ditulisnya antara lain: Menyimak Fenomena Pendidikan di Banten, Penerbit Diadit Media, Jakarta, 2005; Menggagas Jurnalistik Pendidikan, Penerbit Diadit Media, Jakarta, 2007; Pembelajaran Mikro, Penerbit Diadit Media, Jakarta, 2009; Psikologi Agama, Penerbit Jurusan PAI, IAIN Banten, Serang, 2013; Psikologi Perkembangan, Penerbit Jurusan PAI, IAIN Banten, Serang, 2014; dan Manajemen Peningkatan Profesionalisme Dosen di Provinsi Banten, Jurusan PAI, IAIN Banten, Serang 2014. Tempat tinggal di Komplek RSS Pemda Serang Blok D4 No. 34 Kelurahan Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang, 42123. Handphone: 0878 0827 6414.
Kata Kunci (keywords): Pendidikan, Guru, Dosen, Pendidik, Kalaborasi Pendidik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 08 Jun 2017 07:19
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.