PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi kasus di SMP Islam di Kota Serang)

Faridah, Iis (2020) PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi kasus di SMP Islam di Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER PROPOSAL TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PENGESAHAN TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (365kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
TESIS BAB I (REVISI).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (542kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
TESIS BAB II (REVISI).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (548kB)
[img] Teks
TESIS BAB III (REVISI).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (448kB)
[img] Teks
TESIS BAB IV (REVISI).pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (447kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
TESIS BAB V (REVISI).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Iis Faridah, NIM: 182410086, Judul: PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN. (Studi di SMPI Islam di Kota Serang). Secara umum pendidikan mempunyai tujuan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Karenanya sangat diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan secara serentak, diantaranya yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki tempat sangat penting dan mempunyai hubungan erat dengan dunia pendidikan yang biasa disebut dengan guru. Guru mempunyai posisi yang penting dan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah pendidikan. Posisi guru upaya meningkatkan mutu pendidikan dapat dipengaruhi oleh kualitas pribadinya dan rasa disiplin kerja. Dalam menjalankan tugas, seorang guru harus memiliki sikap disiplin, agar semua tugas-tugas terlaksana sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Dalam pelaksanaan tugas, profesi guru harus memperhatikan sikap disiplin yang tinggi. Dalam tugasnya, guru bertanggug jawab terhadap pelaksanaan proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan tatap muka antara guru dengan siswa untuk memberikan ilmu atau pengetahuan yang baik dari guru ke siswa maupun sebaliknya guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Oleh karenanya peneliti memilih judul tesis pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah dan disiplin guru terhadap mutu pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) seberapa besar tingkat kepencapaian supervisi manajerial kepala sekolah di SMP Islam Kota Serang, 2) Seberapa besar tingkat kepencapaian disiplin guru di SMP Islam Kota Serang, 3) Seberapa besar tingkat kepencapaian peningkatan mutu pembelajaran di SMP Islam Kota Serang, 4) Bagaimana pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran, 5) Bagaimana pengaruh disiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran, 6) Bagaimana pengaruh supervisi manajerial vi kepala sekolah dan disiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Adapun tujuannya yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat kepencapaian supervisi manajerial kepala sekolah di SMP Islam Kota Serang, 2) untuk mengetahui tingkat kepencapaian disiplin guru di SMP Islam Kota Serang, 3) untuk mengetahui tingkat kepencapaian peningkatan mutu pembelajaran di SMP Islam Kota Serang, 4) untuk mengetahui pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran, 5) untuk mengetahui pengaruh disiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran, 6) untuk mengetahui pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah dan disiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Jenis metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dan mengambil sampel sebanyak 43 orang dari 6 sekolah yang ada di Kota Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan. Dengan nilai thitung ˃ ttabel 4,44 ˃ 2,020. 2) pengaruh dsiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran berpengaruh signifikan dengan nilai thitung ˃ ttabel 6,68 ˃ 2,020. 3) pengaruh supervisi manajerial kepala sekolah dan disiplin guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran berpengaruh secara signifikan dengan nilai thitung ˃ ttabel 7,27 ˃ 2,020. Selanjutnya nilai Fhitung dikonsultasikan dengan Ftabel yaitu 7,743 ˃ 2,364 dengan signifikan 5% atau 0,05 yang artinya dapat dinyatakan bahwa korelasi ganda tersebut bersifat signifikan. Kemudian dilihat dari tabel interpretasi bahwa nilai tersebut mempunyai korelasi yang kuat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Supervisi Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Mutu Pembelajaran
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2020 08:36
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2020 08:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.