berjudulHubungan Supervisi Akademik dan Pelaksanaan Manajerial Kepala Madrasah dengan Mutu Administrasi Guru MAN di Provinsi Banten

Fitriani, Desti (2020) berjudulHubungan Supervisi Akademik dan Pelaksanaan Manajerial Kepala Madrasah dengan Mutu Administrasi Guru MAN di Provinsi Banten. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (735kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (202kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (985kB)
[img] Teks
BAB III desti.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (350kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (632kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Desti Fitriani NIM : 172042039 yang berjudulHubungan Supervisi Akademik dan Pelaksanaan Manajerial Kepala Madrasah dengan Mutu Administrasi Guru MAN di Provinsi Banten. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2019 Kemampuan supervisi akademik dan pelaksanaan manajerial menjadi dasar atau landasan kegiatan pengawasan, yang menjadi kajian adalah sistem pemberian bantuan yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kemampuan profesional sehingga menjadi lebih mampu dalam menangani manajemen madrasah. Beberapa perangkat program dan prosedur kegiatan di madrasah bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan guru. Disamping itu, berbicara mengenai mutu pembelajaran tidak terlepas pada administrasi. Administrasi guru menjadi polemik dan meresahkan banyak guru di madrasah, banyak guru sangat terbebani tuntutan administrasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketercapaian supervisi akademik kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten.2) untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketercapaian pelaksanaan manajerial kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten. 3) untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketercapaian administrasi guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten. 4) untuk mengetahui hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan mutu administrasi guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten. 5) untuk mengetahui hubungan pelaksanaan manajerial kepala madrasah dengan mutu administrasi guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten. 6) untuk mengetahui hubungan supervisi akademik dan pelaksanaan manajerial kepala madrasah dengan mutu administrasi guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada MAN di Provinsi Banten. dengan jumlah populasi target 19 lembaga madrasah dan populasi akses 3 lembaga madrasah. Sampel diambil dari jumlah populasi akses yakni 3 lembaga madrasah (MAN 1 Kota Serang, MAN Kragilan, dan MAN 1 Pandeglang) sebanyak 64 orang responden dengan cara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan :observasi, wawancara dan angket. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian adalah pertama, tingkat ketercapaian supervisi akademik kepala madrasah sebanyak 47% kategori kurang efektif, 28% kategori efektif dan 25% kategori sangat efektif. kedua, tingkat ketercapaian pelaksanaan manajerial kepala madrasah sebanyak 30% kategori kurang efektif, 25% kategori efektif dan 46% kategori sangat efektif. ketiga, tingkat ketercapaian mutu administrasi guru sebanyak 29% kategori kurang efektif, 26% kategori efektif dan 45% kategori sangat efektif. empat, ada hubungan yang signifikan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan mutu administrasi guru MAN di Provinsi Banten. Dimana hasil uji korelasi menunjukkan koefisien determinasi sebesar 29,08 %. kelima, ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan manajerial kepala madrasah dengan mutu administrasi guru MAN di Provinsi Banten. Dimana hasil uji korelasi menunjukkan koefisien determinasi sebesar 22,47 %. keenam,ada hubungan yang cukup signifikan atau korelasi sedang antara supervisi akademik dan pelaksanaan manajerial kepala madrasah dengan mutu administrasi guru MAN di Provinsi Banten, dimana hasil uji korelasi menunjukkan nilai r = 0.76 dan koefisien determinasi sebesar 57,76 %, dipengaruhi oleh supervisi akademik dan pelaksanaan manajerial kepala madrasah sisanya sebesar 42,24% dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2020 07:15
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2020 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.