Penggunaan Metode Pembelajaran Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa (Penelitian Tindak Kelas di Kelas V MIN Baros)

Nurhayati, Enok (2020) Penggunaan Metode Pembelajaran Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa (Penelitian Tindak Kelas di Kelas V MIN Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (307kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (195kB)
[img] Teks
BAB IV aaa.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Enok Nurhayati, Nim 1329100742, Judul Skripsi :Penggunaan Metode Pembelajaran Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa (Penelitian Tindak Kelas di Kelas V MIN Baros) Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam mengarang yang masih terpusat pada guru. Nilai rata-rata formatif di kelas bidang studi ini sangat rendah yaitu 50. Anak terlihat pasif dan sulit untuk mengembangkan bahasa dalam pembelajaran mengarang disebabkan pembelajaran yang monoton. Pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Rumusan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas V MIN Baros? 2)Apakah dengan metode peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan mengarangsiswa dikelas V MIN Baros? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Ingin menigkatkan kemampuan mengarang siswa pada kelas V MIN Baros. 2) Ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping di kelas V MIN Baros. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmisdan Mc. Taggart yang menggunakan empat komponen penelitian yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Sedangkan insstrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa dengan jumlah29 orang. Adapun hasil dari setiap siklus adalah rata – rata nilai siswa pada siklus I yaitu 50,03 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 68,70. Pada kegiatan guru siklus I tingkat prosentase penguasaannya yaitu sebesar 42,85% ii dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 68,00%. Pada kegiatan aktivitas siswa pada siklus I, 5 aspek di kategorikan berskala kurang dan 3 aspek lainnya di kategorikan berskala sedang sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 4 aspek di kategorikan berskala sedang dan 4 aspek lainnya di kategorikan berskala baik. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulannya bahwa pembelajaran menulis karangan siswa kelas V MIN Baros meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran Mind Mapping dan siswa merasa termotivasi serta mampu menuangkan ide atau gagasan dan mengembangkannya sehingga kemampuan menulis karangan dapat terkembangkan secara optimal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2020 07:03
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2020 07:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.