Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Materi Sujud Syukur dan sujud tilawah” (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang)

Sutihat, Dedeh (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Materi Sujud Syukur dan sujud tilawah” (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER SRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (252kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (503kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (425kB)
[img] Teks
BAB IV , V,.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (460kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR FUSTAKA SRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau

Abstrak

DEDEH SUTIHAT. 132101665. 2020. Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Materi Sujud Syukur dan sujud tilawah” (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang), Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran FIQIH. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan strategi konvensional (ekspositori) dengan metode ceramah dan belum menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif juga pembelajaran menjadi lebih bermakna seperti strategi konstruktivisme. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah Penggunaan strategi konstruktivisme dalam proses pembelajaran di MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang?; 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih mengenai materi sujud syukur dan Sujud Tilawah setelah menggunakan Strategi konstruktivismedi MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang?; 3) Apakah penggunaan strategi konstruktivisme berpengaruh pada pembelajaran fiqih mengenai materi sujud syukur dan Sujud Tilawahdi MTsNurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Penggunaan strategi konstruktivisme dalam proses pembelajaran di MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang.; 2 Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih mengenai materi sujud syukur dan Sujud Tilawah setelah menggunakan Strategi konstruktivismedi MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang.; 3) Untuk mengetahui penggunaan strategi konstruktivisme berpengaruh pada pembelajaran fiqih mengenai materi sujud syukur dan Sujud Tilawahdi MTsNurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kab. Serang Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan strategi konstruktivisme dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan strategi Konvensional (ekspositori). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan satu pihak (pihak kanan). Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) terdapat pengaruh positif strategi konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran FIQIHyaituthitung25,39 berada di luar interval -2,001≤thitung≤ 2,001, maka Ha diterima dan 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi konstruktivisme dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Konvensional (ekspositori). pada mata pelajaran FIQIH yaitu thitung lebih besar dari ttabel yaitu 25,39>1,671 maka Ha diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : strategi Pembelajaran konstruktivisme, Hasil Belajar, FIQIH
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Okt 2020 04:36
Perubahan Terakhir: 20 Okt 2020 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.