Nurhalimah, Iim (2020) Hadis-Hadis tentang Pendidikan Anak dalam Shahih Bukhari Kajian Syarah Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fath AlBāri. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Iim Nurhalimah, NIM : 153700053, Judul: Hadis-Hadis tentang Pendidikan Anak dalam Kitab Shahih Bukhari Kajian Syarah Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fath al-Bāri, Jurusan Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin Dan Adab, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Tahun 2020 M/1440 H. Ketika al-Qur’an menempatkan kewajiban berbuat baik kepada orang tua, khususnya kepada ibu pada urutan kedua setelah kewajiban taat kepada Allah, bukan hanya disebabkan ibu memikul beban yang berat dalam mengandung, melahirkan, dan menyusui anak. Tetapi juga karena ibu dibebani tugas menciptakan pemimpin-pemimpin umat. Sosok ibu adalah sekolah untuk mencetak generasi. Dengan kata lain, sorang ibulah yang menumbuhkan sifat-sifat baik dalam diri sang anak. Sekaligus memberi bimbingan agar di masa depan sang anak menjadi tokoh penting dalam masyarakat. Berdasarkan ungkapan latar belakang di atas, rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pengasuhan anak dalam perspektif hadis? 2) Bagaimana hadis-hadis dan pandangan Ibnu Hajar AlAsqalani tentang pendidikan anak? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana metode pengasuhan anak dalam perspektif hadis2) Untuk mengetahui hadis-hadis dan Pandangan Ibnu Hajar Al-Asqalani tentang pendidikan anak. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (Library Researh) yaitu suatu metode penelitian literatur dengan menganalisis isi buku dan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah, metode seorang ibu dalam mendidik anak yaitu: Dengan menggunakan beberapa metode, yang pertama Metode keteladanan, yaitu dimulai dari perilaku baik seorang ibu yang dicontohkan kepada anaknya, agar dapat ditiru dan dicontoh oleh sang anak. kedua Metode Pembiasaan, yaitu dengan cara mendidik anak semenjak kecil agar mereka terbiasa dan tidak merasa berat untuk melaksanakannya ketika sudah dewasa. Ketiga Metode Nasihat, yaitu dengan cara mendidikan anak dengan petuah dan memberikan kepadanya nasehat-nasehat. Keempat Metode Memberi Perhatian, yang dimaksud memberikan perhatian yaitu senantiasa mencurahkan perhatian penuh dan mengikuti perkembangan akidah dan moral, serta memperhatikan mental dan sosial. Kelima metode Hukuman, metode hukuman dapat diambil sebagai metode pendidikan apabila terpaksa atau tak ada alternatif lain yang bisa di ambil. Dengan mengarahkan dan memberi hukuman dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Adapun hadis-hadis tentang pendidikan anak yang dikutip dari Shahih Bukhari meliputi hadis tentang berbakti kepada ibu, mengajarkan anak untuk berperilaku terpuji seperti menjalankan puasa, mengajarkan anak untuk gemar bersedekah, menghormati orang yang lebih tua, etika makan dan minum, dan memberikan kasih sayang kepada anak
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Pendidikan Anak, Hadis, dan Fath al-Bāri |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran > 2x1.31 Ilmu Tafsir 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 12 Aug 2020 02:59 |
Perubahan Terakhir: | 12 Aug 2020 02:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5423 |
Actions (login required)
Lihat Item |