PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015

ANDRIYANI, ADE LUXITA (2017) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
1. Cover-Daftar Gambar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
2. BAB I-BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (893kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
3. Daftar Pustaka-Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (808kB)

Abstrak

Peluang investasi yang terbuka lebar di Indonesia mendorong peningkatan jumlah investor di Indonesia namun hal ini tidak semata membuat return yang diperoleh oleh investor optimal. Hal ini dapat dipengaruhi faktor-faktor seperti kesalahan dalam analisis investasi. Salah satu analisis yang digunakan oleh investor, diantaranya adalah analisis terhadap laporan keuangan khususnya rasio keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana rasio profitabilitas berpengaruh terhadap return saham syariah di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 serta seberapa besar pengaruh rasio profitabilitas terhadap return saham syariah di Bursa Efek Indonesia tahun 2015. Dalam melakukan penelitian penulis bertujuan menguji pengaruh rasio profitabilitas terhadap return saham syariah di Bursa Efek Indonesia serta ingin mengetahui seberapa besar pengaruh rasio profitabilitas terhadap return saham syariah di Bursa Efek Indonesia tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model analisis regresi linear berganda dengan jenis data sekunder. Data yang digunakan merupakan data perusahaan yang terdaftar dalam kelompok saham syariah Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia. Teknis analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi serta analisis koefisien determinasi. Dari uji yang dilakukan, hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan variabel independent (ROA dan ROE) secara parsial (sendiri-sendiri) tidak berpengaruh terhadap return saham syariah. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Variabel independent (ROA dan ROE) berpengaruh terhadap return saham syariah secara simultan (bersama-sama). Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji F, dimana F hitung > F tabel serta nilai signifikansi dari uji t lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien korelasi dari setiap variabel menunjukkan hubungan yang sedang antara rasio profitabilitas dan return saham syariah namun dari hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan kemampuan rasio profitabilitas dalam menjelaskan varians return saham relatif rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pasar modal, saham, return, laporan keuangan, rasio profitabilitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 22 Mei 2017 06:51
Perubahan Terakhir: 22 Mei 2017 06:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.