PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP WIRAUSAHA (ENTERPRENEUR) MAHASISWA IAIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN(Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

ROHALA, ASEP AHMAD (2017) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP WIRAUSAHA (ENTERPRENEUR) MAHASISWA IAIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN(Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER_ASEP AHMAD ROHALA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK_ASEP ROHALA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
FIX_ASEP ROHALA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Pendapatan merupakan sumber daya material yang sangat penting bagi seseorang, karena dengan pendapatan itulah akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun keluarga. Jika dari pendapatan masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan yang ada, maka wirausaha merupakan salah satu jalan alternatif untuk mendapatkan tambahannya. Namun pendapatan tidak memberikan pengaruh signifikan seorang untuk berwirausaha, akan tetapi ada faktor lain yang melatarbelakangi seorang untuk berwirausaha seperti keluarga, lingkungan, dsb. Perumusan masalah yang diangkat adalah sebagai berikut: 1. Adakah pengaruh antara tingkat pendapatan orang tua terhadap wirausaha mahasiswa? 2. Seberapa besar dampak tingkat pendapatan orang tua terhadap wirausaha mahasiswa? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap wirausaha khususnya mahasiswa itu sendiri. 2. Mengetahui motif berwirausaha pada diri mahasiswa setelah mengetahui tingkat pendapatan pada orang tua mereka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1210 responden, dan sampel yang diambil sebanyak 55 responden dengan menggunakan teknik sampel purposif (Purposive Sampling). Teknik analisis data yang digunanakan adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, analisis determinasi, uji regresi linier sederhana dan analisis koefisien korelasi. Penulis menyimpulkan bahwa tingkat pendapatan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dari hasil statistik menggunakan SPSS dapat dilihat t hitung 0.217 < t tabel 1.673. Nilai R Square yang diperoleh adalah sebesar 0.001, atau 0,1% yang dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 0,1% terhadap variabel Y sedangkan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel X.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PENDAPATAN; WIRAUSAHA MAHASISWA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:56
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.