DAKWAH BIL HAAL BISNIS PAYTREN (Studi PT Veritra Sentosa Internasional di Bandung)

TARBIYAH, BIAH (2017) DAKWAH BIL HAAL BISNIS PAYTREN (Studi PT Veritra Sentosa Internasional di Bandung). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (530kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Dizaman modern sekarang ini, dakwah juga dit antang untuk tidak kalah eksis, dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara dan dengan bermacam - macam media. Bahkan ada pula dalam kegiatan ekonomi atau muamalah seperti berbi snis terdapat nilai dan bentuk dakwahnya . Dakwah dan bisnis mer upakan dua sifat yang berbeda, d akwah lebih bersifat kepada akhirat sedangkan bisnis kepada dunia. Sebagai umat islam, perlu menyeimbangkan antara akhirat dan dunia, agar mendapat kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat . Di Indonesia, hadir perusahaan Treni dengan produknya P ayTren didirikan oleh Ustad Yusuf Mansur yang bergerak dalam bidang bisnis. Meski dalam bidang bisnis, namun nilai - nilai keagamaan dan program dakwah tidak terpinggir kan salah satunya adalah dakwah Bil Haal . Bisnis yang di dalamnya terdapat dakwah Islam yang bergelut di bidang sosial, keagaamaan dan kema nusiaan kini mampu tersebar dan berkembang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana bentuk dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren?, 2) apa tujuan dan sasaran dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren, 3) apa faktor pendukung dan penghambat dakwah Bil Haal yang dilakukan dalam bisnis PayTren?. Penelitian ini bertujuan un tuk mengetahui : 1) bagai mana bentuk dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren, 2) tujua n da sasaran dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren, 3) faktor pendukung dan penghambat dakwah Bil Haal yang dilakukan dalam bisnis PayTren . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dil akukan, dapat disimpulkan bahwa dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren diantaranya: S edekah, memberi peluang usaha , Memberi sumbangan bencana alam, sumbangan sarana kesehatan seperti ambulance, dan membangun jembatan kehidupan untuk mempermudah akses perjalanan . Tujuannya adalah untuk keberkahan dan kesej ahteraan umat sebagai mana ini terwujud karena kesadara n orang - orang yang berinfaq di jalan Allah Swt. Adapun Faktor pendukung dan penghanbat dakwah Bil Haal dalam bisnis PayTren yaitu adanya kesadaran dan kepedulian Mitra PayTren untuk membantu sesamanya. Tentunya dengan Aplikasi PayTren yang memiliki fitur sederhana dan memudahkan para penggunanya untuk bersedekah. Sedangkan penghambatnya, karena aplikasi Pa yTren berhubungan dengan Internet maka yang menjadi penghambat yaitu karena tidak adanya sinyal dan kuota Internet sehingga dana tidak dapat disalurkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bisnis paytren; dakwah bil haal
Subjek: 200 Agama > 203 Public ibadah & praktek lainnya
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:56
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.