Eliawati, Eliawati (2020) Penggunaan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan (PTK Kelas V SDN Kemang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (57kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (143kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (149kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (408kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (205kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (312kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Eliawati, NIM: 122700548, Judul Skripsi: “Penggunaan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan (PTK Kelas V SDN Kemang). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi operasi bilangan pecahan. Penelitian juga dilatar belakangi karena hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan model jigsaw dalam meningkatkan belajar siswa pelajaran matematika pada materi pecahahan di kelas V SDN Kemang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw dalam pelajaran matematika materi pecahan di kelas V SDN Kemang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan model jigsaw dalam meningkatkan hasil belajra siswa pelajaran matematika pada materi pecahan di kelas V SDN Kemang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw dalam pelajaran matematika pada materi pecahan di kelas V SDN Kemang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian dilaksanakan dalam 1 Siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dan model dalam PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitianj ini adalah kelas V SDN Kemang Pekarungan Kota Serang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, siswa, dan tes evaluasi. Hasil penleitian menunjukkan suatu peningkatan pas aspek tujuan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi pembelajaran dengan menerapkan model jigsaw dalam materi operasi bilangan pecahan kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada mata pelajaran Matematika, terbukti berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil belajar siswa pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata 59,80, setelah dilaksanakan siklus I mendapatkan rata-rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Mar 2020 07:27 |
Perubahan Terakhir: | 09 Mar 2020 07:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5202 |
Actions (login required)
Lihat Item |