NURJANAH, DINI (2017) PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TBHERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK ( Studi di MTs. Malnu Putri Kananga ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
Dini Skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering ditemukannya pembelajaran yang pasif yang akhirnya menimbulkan kejenuhan terhadap siswa sehingga hasil belajar pun menurun. Rendahnya kreativitas guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran cenderung monoton serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Metode take and give merupakan proses pemebelajaran yang berusaha mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Oleh karena itu dengan penggunaan metode take and give siswa dapat lebih cepat memahami materi yang disampaikan guru kepadanya serta dapat saling bekerja sama dengan teman sebayanya. Landasan teori yang digunakan dalam skripsi ini yaitu teori dari Suyatno menyatakan bahwa, Metode Pembelajaran Take and Give adalah metode pembelajaran yang memiliki sintaks pembelajaran dengan menggunakan media kartu yang berisi nama siswa, bahan belajar, dan nama yang diberi, informasikan, kompetensi, sajian materi, pada tahap pemantapan tiap siswa disuruh berdiri dan mencari teman dan saling menginformasikan tentang materi atau pendalaman perluasannya kepada siswa lain kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian. Diteruskan dengan evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Malnu Putri Kananga Pandeglang, dengan jumlah sampel 34 orang, dari populasi dengan jumlah 137 orang. Populasi diambil dari keseluruhan siswa kelas VII MTs Malnu Putri Kananga, Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi (observasion) dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa hasil pengaruh antara variabel x dan y pada taraf signifikasi 5% menunjukan data variabel berdistribusi normal karena 2 hitung < 2 tabel = 6,90<7,81. Maka, menghasilkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pengaruh metode take and give terhadap hasil belajar siswa akidah akhlak sebesar 73,96%, dan sisanya 26,04% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang dapat diteliti lebih lanjut
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | METODE TAKE AND GIVE; HASIL BELAJAR SISWA |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2017 14:55 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mei 2017 14:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/516 |
Actions (login required)
Lihat Item |