ASURANSI DALAM PERSPEKTIF ALQURAN (Studi Tafsir Kementerian Agama RI)

YULIYANTI, NILA (2017) ASURANSI DALAM PERSPEKTIF ALQURAN (Studi Tafsir Kementerian Agama RI). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
CAVER IAT 2017 NEW.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
muqodimah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (398kB)
[img] Teks (BAB I)
pertama.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (438kB)
[img] Teks (BAB II)
kedua.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img] Teks (BAB III)
ketiga.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (569kB)
[img] Teks (BAB V)
kelima.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (203kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (211kB)

Abstrak

Pertumbuhan bisnis Asuransi Syariah di Indonesia diprediksi akan semakin berkilau dari tahun ke tahun. Para pemain asuransi syariah juga mengalami peningkatan, hingga mencapai lebih dari 30 persen.Lalu sekitar ada 49 perusahaan asuransi yang telah membuka unit syariah, mereka adalah pemain-pemain terkemuka dalam bisnis ini. Melihat semakin berkembangnya bisnis asuransi syariah di Indonsia, banyak perusahaan asuransi konvensional berlomba-lomba mengadopsi prinsip syariah dengan membuka divisi atau cabang asuransi syariah. Kesejahteraan lahir dan batin yang ingin diperoleh melalui gerakan amal sholeh seharusnya dilakukan melalui kegiatan ibadah dan muamalah yang bersumber dari ketentuan syriah yang dijiwai oleh aqidah islamiyah dan akhlak yang luhur. Dengan berpegang teguh kepada aqidah, syariat, dan akhlak islamiyah inilah dilakukan berbagai kegiatan muamalah yang telah diatur secara lengkap dalam Syariat Islam. Berdasarkan latar belakang diatas, maka latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah konsep asuransi dalam pandangan Alquran? 2. Bagaimana penafsiran Kementerian Agama RI tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan asuransi? Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui konsep asuransi dalam pandangan Alquran 2. Untuk mengetahui penafsiran Tim Kementerian Agama RI tentang ayat-ayat asuransi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi kepustakaan (Library Reseach). Yaitu mempelajari buku-buku referensi dan hasil penelitian sejenis sebelumnya yang pernah dilakukan oleh orang lain. Penelitian ini bersifat analitik yaitu dengan mengumpulkan data-data atau sumber yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti, kemudian dianalisis dengan fokus kajian pada tafsir Alquran Kementerian Agama RI. Terkait dengan hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang menjadi kesimpulan peneliti yaitu: apabila dilihat sepintas keseluruhan ayat Alquran, tidak terdapat satu satu ayat pun yang menyebutkan istilah asuransi, akan tetapi terdapat ayat yang menjelaskan tentang konsep asuransi yang memiliki muatan nilai-nilai dasar yang ada dalam praktik asuransi yang terdapat pada surat Yusuf, praktik asuransi pernah dilakukan pada masa Nabi Yusuf. Adapun penafsiran Kementerian Agama menafsirkan bahwasanya akan menghadapi suatu masa tujuh tahun lamanya penuh dengan panen yang melimpah dan diikuti dengan masa tujuh tahun peceklik, untuk menghadapi masa kesulitan itu, Nabi menyarankan agar menyisihkan sebagian dari hasil panen pada masa tujuh tahun pertama hingga masa peceklik bisa ditangani dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Asuransi, Tafsir, Kementerian Agama RI
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2017 14:55
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2017 14:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.