PEMIKIRAN HAMKA TENTANG FILSAFAT HIDUP

AWALUDIN, ASEP (2017) PEMIKIRAN HAMKA TENTANG FILSAFAT HIDUP. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
SKRIPSI ASEP AWALUDIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini menyel idiki Pemikiran Hamka tentang Filsafat Hidup, secara khususnya tertulis dalam judul penelitian Skripsi ini, yaitu „‟ Pemikiran Hamka tentang Filsafat Hidup‟‟ penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah (1) Apakah Filsafat Hi dup ? (2) Bagaimana Pemikiran Hamka tentang Filsafat Hidup ? (3) Bagaimana pandangan filsafat Hidup Hamka tentang kehidupan modern ? rumusan berdasarkan konsep maka, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui filsafat hidup, (2) untuk mengetahui pem ikiran Hamka tentang Filsafat Hidup, (3) untuk mengetahui pandangan Filsafat Hidup Hamka tentang Kehidupan Modern. Untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah, penulis menggunakan metode pen g umpulan data berupa kepustakaan, yaitu dengan menelaah data - da ta dan fakta yang terdapat pada buku - buku dan media yang ada kaitannya dengan Skripsi ini, sehingga menghasilkan kesimpulan yang tepat, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan diantaranya : Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita - citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh deng an segala hubungan. Kehidupan itu laksana tenunan yang bersambung menjadi kain. Kehidupan pada zaman sekarang yang banyak meninggalkan tradisi atau sesuai syariat islam. Filsafat hidup adalah suatu tenaga eksplosif yang telah ada sejak awal dunia, yang ber kembang dengan melawan penahanan atau pementangan materi ( yaitu sesuatu yang lamban yang menentang gerak, dan dipandang oleh akal sebagai materi atau benda). Manakala gerak perkembangan hidup itu digambarkan sebagai gerak keatas, materi adalah gerak kebaw ah yang menahan gerak ke atas itu . Selain itu Setiap manusi a mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berda sarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya . Menurut Hamka, kehidupan pada zaman sekarang ini sudah memasuki kehidupan modern. Kehidupan yang serba mengikuti gaya kebarat - baratan, baik itu dari segi makanan, pola fikir, pakaian, maupun perilaku. Kehidupan pada masa kini sangatlah jauh berbeda dengan kehidupan pada masa lampau. Demikian kesimpulan yang bisa dismpulkan oleh penulis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): FILSAFAT HIDUP
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 140 Filosofis sekolah pemikiran
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Filsafat Agama
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2017 05:02
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2017 05:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.