Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Cilaku)

Tusaroh, Ayu (2019) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Cilaku). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Tusaroh. 152400871. 2019. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Cilaku). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa-siswi SDN Cilaku dan sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, dari kelas Va yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan dari kelas Vb yang berjumlah 24 sebagai kelas eksperimen.Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil kepercayaan diri siswa dengan menggunakan metode bermain peran memperoleh rata-rata nilai akhir 78,33 sedangkan hasil kepercayaan diri siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai akhir 66,17. Setelah data dari nilai awal dan nilai akhir berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan hasil thitung 4,19 dan ttabel= 2,074. Berdasarkan kriteria pengujian thitung˃ ttabel maka Ha diterima dan HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kepercayaan Diri

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Des 2019 03:16
Perubahan Terakhir: 30 Des 2019 03:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.