AKULTURASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI RUWAT LAUT(studi kasus di desa Muara Binuangeun kec. Wanasalam)

SUSILO, ADE NURWANTO (2017) AKULTURASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI RUWAT LAUT(studi kasus di desa Muara Binuangeun kec. Wanasalam). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Cover Hitam Putih.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
Halaman Depan Full.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)

Abstrak

Perayaan T radisi R uwat L aut atau sedekah laut di pantai Muara Binuangeun adalah agenda yang tidak bisa dil ewatkan setiap tahunnya. A gen da Tradis i Ruwat Laut di desa Muara Binuangeu n suda h ada sejak tahun 1960. T radisi R uwat L aut itu berkembang menjadi satu kebudayaan yang masih terpelihara dan dijalankan oleh masyarakat desa Mua ra Binuangeun setiap tahun - nya yang di fasilitatori oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNS I) Kec. Wanasalam. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana eksistensi Tradisi Ruwat L aut di Desa Muara Binuangeun ? 2) Bagaimana pelaksanaan tradisi ruwat la ut di d esa Muara Binuangeun ? 3) apa nilai filosofis T r adisi Ruwat Laut di d esa Muara Binuangeun ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui eksistensi ruwat laut di Desa Muara Binuangeun secara umum . 2) Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi ruwat laut di Desa Muara Binuangeun . 3) Untuk mengetahui nilai filosofis tradisi ruwat laut d i Desa Muara Binuangeun . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan tekhnik pe ngumpulan datanya dengan munggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Tradisi Ruwatan L aut sebagai akulturasi antara budaya dan agama, acara tradisi ruwatan laut di desa Muara Binu angeun pernah dilakukan setiap tahun - nya. Tradisi ruwatan laut merupakan implementasi dari bentuk rasa syukur dan agar terhindar dari bahaya laut serta sebagai ungkapan rasa syukur terhadap yang maha kuasa. Namun pada saat ini tradisi itu hampir sudah tida k dijalankan lagi. Dan hanya sebagian kecil saja kegiatan - kigiatan yang dilaksanakan dalam tradisi tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): TRADISI RUWAT LAUT
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Filsafat Agama
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:52
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2017 14:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.