Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat (PTK di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen Banten)

Marlina, Marlina (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat (PTK di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I Marlina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II Marlina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III Marlina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV edit.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (620kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V Marlina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Marlina, NIM : 132400614 Judul Skripsi: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat (PTK di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen Banten) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen 2) untuk mengetahui hasil belajar IPS pada materi persebaran sumber daya alam dilingkungan setempat melalui metode make a match di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan model Kemmis dan Mc.Teggart yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 69,14 dan siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan persentase 67,85%. sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80,32 dan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Make a Match.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2019 02:30
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.