SIKAP PEREMPUAN KORBAN KDRT (Studi Kasus Di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang)

MULYANAH, EKO (2017) SIKAP PEREMPUAN KORBAN KDRT (Studi Kasus Di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (401kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (173kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)

Abstrak

Tindakan kekerasan dalam masyarakat sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Namun, yang menarik perhatian publik adalah kekerasan yang menimpa kaum perempuan (istri), karena sifat dan dampaknya luas bagi kehidupan kaum perempuan.Kekerasan jenis ini mempunyai akar yang dalam pada faktor budaya yang menempatkan perempuan pada posisi yang timpang dalam hubungannya dengan laki-laki. Tindak kekerasan dominan yang pernah dialami perempuan Indonesia adalah kekerasan di ranah domestik atau kekerasan dalam rumah tangga seperti penganiayaan, perkosaan, pelecehan atau suami berselingkuh.Dari latar belakang masalah di ataS, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 ) Bagaimanakah bentuk kekerasan yang dilakukan pada perempuan di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang?, 2) Apa yang menjadi faktor/alasan suami sering melakukan tindakan kekerasan terhadap istrinya di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang?, 3) Bagaimana kondisi psikologis istri korban KDRT? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui bentuk kekerasan yang dilakukanpada perempuan di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, 2) Untuk mengetahui faktor/alasan suami sering melakukan tindakan kekerasan terhadap istrinya di Desa Wanakarta Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, 3) Untuk mengetahui kondisi psikologis Istri korban KDRT . Dalam pe nelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif (deskriptif dan studi kasus) . Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara , observasi dan dokumentasi . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Dalam penelitian ini, bentuk kekerasan yang dilakukan suami erhadap istri meliputi kekerasan fisik berupa pemukulan, kekerasan psikologis berupa pengekangan, kata - kata kasar. Faktor utama suami melakukan tindakan kekerasan terutama kekerasan fisik adalah b ahwa istrinya tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai istri dengan baik, baik untuk mengurus urusan rumah tangga maupun anak - anaknya, dari sini terlihat bahwa adanya relasi kuasa yang tidak setara karena laki - laki dianggap lebih utama daripada perempuan s ehingga berakibat pada kedudukan suami dianggap mempunyai kekuasaan untuk mengatur rumah tangganya termasuk istri dan anak - anaknya, dan adanya sikap suami yang sering menyalahkan istri, sehingga kalaupun suami itu melakukan tindakan kekerasan terhadap istr inya maka hal itu sah - sah saja. Kondisi psikologis perempuan korban kekerasan pada umumnya merasa tertekan jiwanya dan lebih banyak diam dalam mengatasinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KORBAN KDRT
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:52
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2017 14:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.