“Upaya Meningkatan Kebugaran Siswa Melalui Pengembangan Permainan Gobak Sodor” (Penelitian Tindakan Kelas Di MI Nurul Falah Palasari Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang).

Anwar, Saepul (2019) “Upaya Meningkatan Kebugaran Siswa Melalui Pengembangan Permainan Gobak Sodor” (Penelitian Tindakan Kelas Di MI Nurul Falah Palasari Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB)
[img] Teks
ABSTRAK good.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB)
[img] Teks
BAB I asli print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB)
[img] Teks
BAB II asliprint.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB)
[img] Teks
BAB III B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (211kB)
[img] Teks
BAB IV beres print untrt.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (527kB)
[img] Teks
BAB V punk bismillah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)

Abstrak

Nama :Saepul Anwar NIM : 12270055, Judul Skripsi : “Upaya Meningkatan Kebugaran Siswa Melalui Pengembangan Permainan Gobak Sodor” (Penelitian Tindakan Kelas Di MI Nurul Falah Palasari Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang). Tujuan Penelitian ini yaitu 1) “Untuk mengetahui aktifitas siswa melalui permainan traditional gobak sodor dalam meningkatkan kebugaran siswa dikelas V MI Nurul Falah Kabupaten Tangerang”, 2) Untuk mengetahui hasil permainan gobak sodor dalam meningkatkan kebugaran siswa dikelas V Nurul Falah Palasari Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Peneletian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari II siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrument yang digunakan adalah tes kebugaran siswa lari jarak 300 meter bolak-balik dan observasi aktifitas siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10 s.d 12 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Falah Palasari Kabupaten Tangerang, di kelas V dengan jumlah siswa 24 orang, 15 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ketuntatas belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 60,15, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 23%, siswa yang tuntas mencapai 78% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80. Berdasarkan data yang diperoleh dengan menggunakan pengembangan permainan gobak sodor dalam meningkatkan kebugaran siswa, didapatkan hasil yang cukup baik terlihat dari tingkat keberhasilan siswa pada tiap siklusnya. Pada prasiklus kebugaran siswa yang mencapai indikator keberhasilan adalah 55,8%, pada siklus I kebugaran siswa yang mencapai indikator keberhasilan adalah 64,58%, kemudian meningkat pada siklus II, kebugaran siswa yang mencapai indicator keberhasilan adalah 80,72. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan pengembanagan permainan gobak sodor dapat meningkatkan kebugaran siswa, dan aktifitas siswa pada pembelajaran penjasorkes pada pokok bahasan permainan gobak sodor. Kata Kunci : Permainan gobak sodor, kebugaran siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Nov 2019 07:13
Perubahan Terakhir: 25 Nov 2019 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.