Yusuf, Akhmad (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Ajar Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah melalui Penerapan Metode Kooperatif Learning Model Make A Match (PTK di MTs AlFathaniyah Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Akhmad Yusuf Nim: 122111536, Judul Skripsi: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Ajar Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah melalui Penerapan Metode Kooperatif Learning Model Make A Match (PTK di MTs AlFathaniyah Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Provinsi Banten) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif learning model make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi ajar sifat-sifat wajib bagi Allah kelas VII-C MTs Al-Fathaniyah Kec.Cipocok Jaya Kota Serang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C MTs Al-Fathaniyah Cipocok Jaya Kota Serang dengan jumlah siswa sebanyak 41orang tahun ajaran 2018/2019. Kesimpulan yang diproleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar sisa pada mata pelajaran akidah akhlak materi ajar sifat-sifat wajib bagi Allah dengan menggunakan metode kooperatif learning model make a match dikelas VII-C MTs AL-Fathaniyah Cipocok Jaya kota Serang mengalami peningkatan, hal ini didasari oleh penelitian pada pra siklus hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dari pra siklus sekitar (69.5) siklus I (77.3) dan terjadi peningkatan pada siklus II sekitsr (82.4). Siswa yang tuntas pada pra siklus sebanya 14 orang dan sekitar 25% pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan sekitar 55.8% pada siklus II sebanyak 39 orang yang tuntas dan sekitar 90.7% . siswa yang tidak tuntas pada pra siklus sebanak 37 orang sekitar 74.4%, pada siklus I siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang sekitar 44.2% dan padasiklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang sekita 9.3%. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Kooperatif Learning Model Make A Match
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2019 02:49 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2019 02:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4572 |
Actions (login required)
Lihat Item |