GAGASAN KEDAULATAN RAKYAT MENURUT MOHAMMAD HATTA

NURHAYATI, SANTI SITI (2017) GAGASAN KEDAULATAN RAKYAT MENURUT MOHAMMAD HATTA. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
burning skripsi santi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Kedaulatan rakyat adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat atau juga dapat disebut pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat , baik secara langsung maupun tidak, rakyat berkuasa atau berdaulat penuh atas negara. Mohammad Hatta adalah salah satu pemikir founding father (Bap ak pendiri) bangsa Indonesia. Pemikirannya sangat brilliant ( cerdas ) , mengandung ide - ide besar dan mencaku p detail dalam praktiknya. Ia merupakan intelektual yang tumbuh berkembang di lingkungan religius dan barat yaitu di surau milik pak gaeknya karena ia belajar mengaji di sana dan juga ia melanjutkan kuliah di Belanda. Pada penulisan skripsi ini mengangkat permasalahan antara lain: 1 ). Bagaimana gagasan kedaulatan rakya t menurut Mohammad Hatta? , 2 ). B agaimana relevansi konsep kedaulatan rakyat Mohammad Hatta dengan demokrasi dalam konteks negara Indonesia ? . Tujuan dalam penelitiaan ini adalah: 1 ). Unt uk mengetahui gagasan kedaulatan rakyat Mohammad Hatta , 2 ). Untuk menge tahui relevansi konsep kedaulatan rakyat Mohammad Hatta dengan demokrasi dalam konteks negara Indonesia . Penelitian skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu jenis penelitian yang sumber datanya diperoleh melalui penelitian terhadap buku - buku, maupun karya tulis lain yang berhubungan dengan persoalan yang diteliti atau dibahas. Termasuk data - data sejarah ya ng diperlukan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1 ). Gagasan kedaulatan rakyat yang ingin dikembangkan oleh M ohammad H atta adalah demokrasi yang bercorak politik dan ekonomi sekaligus, dimana keduanya berada diantara paham individualisme dan kolektivisme yang berasal dari sosial politik masyarakat asli Indonesia , 2 ). Relevansi kedaulatan rakyat Mohammad Hatta dengan demokrasi dalam konteks negara Indonesia adalah kedaulatan rakyat Mohammad Hatta sebagai dasar daripada demokrasi Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): MOHAMMAD HATTA
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara > Jurusan Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:51
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2017 14:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.