Pembelajaran Metode Qira’at Hafs Dan Warsy Dalam Kemampuan Qira’at Alquran (Studi Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kp. Tegal Kamal Kec. Kopo Kab. Serang)

Alawi, Ahmad Nasrul (2019) Pembelajaran Metode Qira’at Hafs Dan Warsy Dalam Kemampuan Qira’at Alquran (Studi Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kp. Tegal Kamal Kec. Kopo Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
Cover .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (69kB)
[img] Teks
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (388kB)
[img] Teks
bab 1 wisuda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB)
[img] Teks
Bab 2 wisuda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB)
[img] Teks
BAB 3 wisuda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (620kB)
[img] Teks
BAB 4 wisuda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (322kB)
[img] Teks
BAB 5 wisuda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB)

Abstrak

Nama : Ahmad Nasrul Alawi, NIM : 123200157, Judul Skripsi : Pembelajaran Metode Qira’at Hafs Dan Warsy Dalam Kemampuan Qira’at Alquran (Studi Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kp. Tegal Kamal Kec. Kopo Kab. Serang), Jurusan : Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir, Fakultas Ushuludin dan Adab. Tahun 1439H/2018. Qira‟at merupakan salah satu cabang ilmu dari ulumul quran. Qira‟at sab‟ah kurang begitu diminati masyarakat karena beranggapan bahwa qira‟at hanya baik dipelajari bagi yang memiliki suara merdu. Sehubungan hal tersebut maka diangkatlah tema tentang qira‟at, dari banyaknya macam qira‟at penulis memilih menjabarkan qira‟at Hafs dan Warsy. Hal demikian dikarenakan qira‟at Hafs merupakan qira‟at yang digunakan dalam keseharian masyarakat dan qira‟at Warsy ialah qira‟at yang paling banyak memiliki kaidah. Dalam mendalami kedua qira‟at tersebut membutuhkan metode yang mampu untuk menguasai qira‟at tersebut .Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana Metode pembelajaran qira‟at yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur‟an Darul Hikmah Tegal Kamal? 2. Bagaimana perbedaa kaidah-kaidah qira‟at menurut Hafs dan Warsy? 3. Bagaimana efektifitas metode qira‟at Hafs dan Warsy yang diterapkan dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Darul Hikmah? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran di Pondok Pesantren AlQur‟an Darul Hikmah Tegal Kamal. 2. Untuk mengetahu perbedaani kaidah-kaidah dalam qira‟at Hafs dan Warsy 3. Untuk mengetahui efeksifitas metode qira‟at dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini, dapat disimpulkan bahwa setiap pembelajaran qira‟at harus memiliki metode yang efektif disetiap tahapannya. Terlebih dari metode itu sendiri yang merupakan bagian paling penting didalamnya ialah thariq metode tersebut. Seperti halnya thariq musyafahah yang ada dalam metode talaqqi yang sebagaimana digunakan rasulullah dan para sahabatnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2019 06:51
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2019 06:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.