SISTEM PENENTUAN WAKTU SHALAT DI PONDOK PESANTREN BANY SYAFI’I(Studi di Pondok Pesantren Bany Syafi‟i Kecamatan Cilegon Kota Cilegon)

AFENDI, UDI (2017) SISTEM PENENTUAN WAKTU SHALAT DI PONDOK PESANTREN BANY SYAFI’I(Studi di Pondok Pesantren Bany Syafi‟i Kecamatan Cilegon Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (531kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (268kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
Riwayat Hidup, Moto dan Persembahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (276kB)

Abstrak

Waktu shalat adalah waktu yang telah ditentukan oleh Allah SWT untuk menegakkan ibadah shalat yakni batas waktu tertentu untuk melaksanakan shalat. Mengetahui waktu shalat adalah salah satu syarat dari sahnya shalat dan waktu shalat merupakan bagian dari ilmu hisab atau ilmu falak karena batasan awal dan akhir waktu shalat merupakan hasil ijtihad para„Ulama dalam menentukannya dengan berpedoman dari al-Qur‟an dan al-Hadits. Diantara beberapa sistem penentuan awal waktu shalat yang ada, yang cukup menarik adalah sistem yang terdapat di pondok pesantren Bany Syafi‟i karena sistem ini masih menggunakan manual, sedangkan yang lain sudah menggunakan kalkulator yang dirasa lebih mudah dan cepat untuk mengetahui waktu shalat. Lebih jauh terkait proses penentuan waktu shalat, maka penulis membatasi menjadi beberapa pokok bahasan yakni; 1) Bagaimana sistem penentuan waktu shalat di pondok pesantren Bany Syafi‟i? 2) Bagaiamana relevansi sistem penentuan waktu shalat dipondok pesantren Bany Syafi‟i dengan sistem penentuan waktu shalat kontemporer? Metode penelitian ini bersifat Kualitatif dengan menggunakan pendekatan ilmu hitung dengan teknik pengumpulan data, penelitian kepustakaan dan interview. Data primer diperoleh langsung dari pondok pesantren Bany Syafi‟i dengan memakai kitab Fathul Latifurrahim, sedangkan data sekundernya adalah seluruh dokumen berupa kitab, buku, tulisan, hasil wawancara, makalah yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisis dengan menggunakan induktif, yakni berangkat dari kenyataan-kenyataan khusus kemudian diabstraksikan dalam bentuk kesimpulan yang umum. Dengan tujuan deskriptif analisis, analisis isi yang kemudian dibandingkan dengan metode yang lain. Hasil penelitian ini menunjukan, Pertama. Sistem penentuan waktu shalat di pondok pesantren Bany Syafi‟i menggunakan hisab manual (tidak menggunakan alat bantu apapun seperti Rubu‟ Mujayyab) akan tetapi dengan menggunakan kaidah-kaidah dari kitab “Fathul Latifurrohim”, dapat digolongkan dalam sistem hisab Taqribi, karena hasil perhitungannya masih bersifat perkiraan. Sistem di pondok pesantren ini dalam perhitungannya hanya menggunakan rumus sederhana dan semua data sudah tertera dalam kitab Fathul latifurrahim. Akan tetapi langkah-langkah perhitungan yang harus dilewati hasib begitu panjang dan menggunakan bahasa Arab. Dan satu hal yang perlu diperhatikan, di pondok pesantren Bany Syafi‟i ini menggunakan waktu istiwa (waktu matahari hakiki). Kedua. Sistem penentuan waktu shalat dan data yang terdapat di pondok pesantren Bany Syafi‟i masih relevan. Relevansi antara sistem penentuan waktu shalat di pondok pesantren Bany Syafi‟i dengan sistem kontemporer dilihat dari hasil perhitungannya terjadi sel isih hanya beberapa menit, yai tu antara 0 sampai 2 menit , hal ini menunjukkan bahwa perhitungan kedua metode ini relevan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PENENTUAN WAKTU SHALAT
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:50
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2017 14:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.