KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR (ANALISIS AYAT-AYAT PENDIDIKAN)”

MUNJI, AHMAD (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR (ANALISIS AYAT-AYAT PENDIDIKAN)”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB)
[img] Teks
HALAMAN SAMPUL LENGKAP ref.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB)

Abstrak

AHMAD MUNJI: “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR (ANALISIS AYAT-AYAT PENDIDIKAN)” Pendidikan Islam yang terjadi saat ini, walaupun namanya berlabelkan Islam, namun dalam praktiknya belum sepenuhnya Islami. Yakni belum dijiwai oleh nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini bukan disebabkan karena para penyelenggara pendidikan Islam tidak merujuk kepada konsep atau teori tentang pendidikan Islam atau lebih tegasnya, konsep pendidikan Islam perspektif al-Qur‟an, sebagai sumber pertama dan utama pendidikan Islam yang cocok untuk seluruh umat manusia di segala zaman dan pada semua tempat. Itu berarti petunjuk-petunjuknya patut menjadi pegangan bagi seluruh umat manusia di mana pun mereka berada dan kapanpun mereka butuhkan Berangkat dari pemikiran tersebut munculah rumusan masalah yakni bagaimana konsep tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam dan evaluasi pendidikan Islam dalam perpektif Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Yang didalamnya mencakup tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam serta kajian tafsir yang terkandung dalam tafsir alAzhar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang focus dalam penafsiran ayat-ayat pendidikan Islam. Dan pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam kontemporer. Adapun relevansi konsep pemikiran Hamka tentang pendidikan Islam dengan tauhid sebagai prinsip utama pendidikan Islam akan memberikan nilai tambah bagi manusia dan menumbuhkan kepercayaan pada dirinya serta mempunyai pegangan hidup yang benar. Konsep pendidikan Hamka mengacu agar tenaga pendidik mampu memberikan pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntutan Agama Islam, yaitu agar manusia sadar akan fitrahnya di dunia ini, yakni mengamalkan ilmu pengetahuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2019 06:42
Perubahan Terakhir: 17 Okt 2019 06:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4454

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.