MUNJI, AHMAD (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR (ANALISIS AYAT-AYAT PENDIDIKAN)”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER TESIS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
HALAMAN SAMPUL LENGKAP ref.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (566kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
AHMAD MUNJI: “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR (ANALISIS AYAT-AYAT PENDIDIKAN)” Pendidikan Islam yang terjadi saat ini, walaupun namanya berlabelkan Islam, namun dalam praktiknya belum sepenuhnya Islami. Yakni belum dijiwai oleh nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini bukan disebabkan karena para penyelenggara pendidikan Islam tidak merujuk kepada konsep atau teori tentang pendidikan Islam atau lebih tegasnya, konsep pendidikan Islam perspektif al-Qur‟an, sebagai sumber pertama dan utama pendidikan Islam yang cocok untuk seluruh umat manusia di segala zaman dan pada semua tempat. Itu berarti petunjuk-petunjuknya patut menjadi pegangan bagi seluruh umat manusia di mana pun mereka berada dan kapanpun mereka butuhkan Berangkat dari pemikiran tersebut munculah rumusan masalah yakni bagaimana konsep tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam dan evaluasi pendidikan Islam dalam perpektif Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif Hamka dalam Tafsir al-Azhar. Yang didalamnya mencakup tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam serta kajian tafsir yang terkandung dalam tafsir alAzhar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang focus dalam penafsiran ayat-ayat pendidikan Islam. Dan pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam kontemporer. Adapun relevansi konsep pemikiran Hamka tentang pendidikan Islam dengan tauhid sebagai prinsip utama pendidikan Islam akan memberikan nilai tambah bagi manusia dan menumbuhkan kepercayaan pada dirinya serta mempunyai pegangan hidup yang benar. Konsep pendidikan Hamka mengacu agar tenaga pendidik mampu memberikan pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntutan Agama Islam, yaitu agar manusia sadar akan fitrahnya di dunia ini, yakni mengamalkan ilmu pengetahuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 17 Okt 2019 06:42 |
Perubahan Terakhir: | 17 Okt 2019 06:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4454 |
Actions (login required)
Lihat Item |