Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Ajar Iman kepada Rasul Melalui Penerapan Metode Kooperatif Learning Model Make A Match (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Hikmah Curug Kab. Tangerang)

Zamil, Umaira (2017) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Ajar Iman kepada Rasul Melalui Penerapan Metode Kooperatif Learning Model Make A Match (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Hikmah Curug Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cvrrrr REAL_umaira jamil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK_umaira jamil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I_umaira jamil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (378kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II_umaira jamil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (736kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III_umaira jamil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (423kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V_umaira JAMIL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mata pelajaran aqidah akhlak materi iman kepada rasul adalah mata pelajaran yang hasil belajar siswanya rendah dan tidak mencapai KKM sebesar 78 hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah guru aqidah akhlak masih menggunakan metode klasik dan monoton seperti ceramah sehingga pembelajaran di kelas cenderung pasif, aktivitas pembelajaran siswa kurang dan kurang membangkitkan motivasi belajar. Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode kooperatif learning model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi ajar iman kepada rasul kelas VIII-E MTs.Al-Hikmah Curug Tangerang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif learning model make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi ajar iman kepada rasul kelas VIII-E MTs.Al-Hikmah Curug Kab.Tangerang dan kegunaanya diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan yang berharga bagi para guru dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dengan penerapan metode kooperatif model make a match khususnya dalam mata pelajaran aqidah akhlak maupun pembelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-E MTs. Al-Hikmah Curug Kab. Tangerang dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data ini yaitu dengan menggunakan instrument penelitian di antaranya yaitu, tes tulis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak materi ajar iman kepada rasul menggunakan model make a match di kelas VIII-E MTs.Al-Hikmah Curug Tangerang mengalami peningkatan hal ini didasari oleh penelitian pada pra siklus hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata dari pra siklus sekitar (58.7) siklus I sekitar (74.7) dan terjadi peningkatan pada siklus II sekitar (84.7). Siswa yang tuntas pada pra siklus sebanyak 11 orang dan sekitar 25.6% pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dan sekitar 55.8% pada siklus II sebanyak 39 orang yang tuntas dan sekitar 90.7%. Siswa yang tidak tuntas pada pra siklus sebanyak 32 orang sekitar 74.4%, pada siklus I siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 orang sekitar 44.2 % dan pada siklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang sekitar 9.3%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): METODE KOOPERATIF LEARNING MODEL
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:50
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2023 07:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.