Upaya Peningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Melalui Metode Bercakap-Cakap.

Mastariyah, Mastariyah (2019) Upaya Peningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Melalui Metode Bercakap-Cakap. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER dan isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (966kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mastariyah. 152600015. 2019. Upaya Peningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 Sampai 5 Tahun Melalui Metode Bercakap-Cakap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode bercakap-cakap yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4 sampai 5 tahun. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang belum mempunyai keberanian untuk mengungkapkan ide, pendapat, atau gagasan yang dimiliki untuk menyampaikan kepada orang lain seperti orangtua, guru dan teman sebaya secara lisan. Serta masih banyak anak yang mengalami kesulitan berbicara yang menunjukkan kemampuan berbicara anak yang rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bercakap-cakap yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4 sampai 5 tahun mengikuti langkah-langkah sebagai berikut a) Guru menyiapkan alat peraga yang digunakan sebelum pembelajaran dimulai. b) Guru mengatur dan mengkondisikan tempat duduk anak dengan cara bermain dan menghitung dari 1 sampai 3. c) Anak memperhatikan empat gambar seri berukuran besar yang diperlihatkan oleh guru di papan tulis. d) Anak mendengarkan penjelasan tentang judul gambar seri. e) Anak dan guru membicarakan gambar satu demi satu dan mencari hubungan antara gambar-gambar. f) Anak menyimpulkan isi cerita. g) Anak melepas gambar yang terdapat di papan tulis. h) Anak mengurutkan empat gambar seri secara bergantian. 2) Perolehan hasil pencapaian ketuntasan pada Siklus I sebesar 30% dan belum mencapai indikator keberhasilan tindakan. Perolehan hasil pada Siklus II menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dan sudah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80%. Kata kunci: Kemampuan Berbicara Anak, Metode Bercakap-cakap.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Okt 2019 04:23
Perubahan Terakhir: 01 Okt 2019 04:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.