PENYELESAIAN SENGKETA PILKADES TAHUN 2015 DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (studi kasus di Desa Pejaten Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang)

TAQRIRIAH, ETIK (2017) PENYELESAIAN SENGKETA PILKADES TAHUN 2015 DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (studi kasus di Desa Pejaten Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER_SKRIPSIKU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
LAMPIRAN_-_Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (525kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB)
[img] Teks (LAMPIRAN WAWANCARA)
WAWANCARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB)

Abstrak

Pemilihan kepala desa merupakan sebuah instrumen dalam pembentukan pemerintah modern dan demokratis, sehingga seluruh rangkaian tahapan-tahapannya mulai dari pembentukan panitia pemilihan sampai pada pelantikan kepala desa terpilih diharapkan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Namun dalam prakteknya proses pemilihan kepala desa ini sulit berjalan dengan lancar karena adanya konflik yang ditimbulkan dari masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Faktorapa yang menyebabkan terjadinya sengketa pada pemilihan kepala desa di Desa Pejaten Kecamatan Kramatwatu Serang?; 2) Bagaimana Mekanisme Penyelesaian Sengketa dalam Pemilihan Kepala Desa?; 3) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Penyelesaian Sengketa dalam Pemilihan Kepala Desa?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya Sengketa dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Pejaten Kecamatan Kramatwatu; 2) Untuk mengetahui bagaimana Penyelesaian Sengketa dalam Pemilihan Kepala Desa; 3) Untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap Penyelesaian Sengketa dalam Pemilihan Kepala Desa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupaya mendeskripsikan kejadian pada obyek penelitian yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Desa di Desa Pejaten Tahun 2015, untuk memperoleh data, maka dilakukan teknik wawancara dengan pihak yang memiliki keterkaitan, yaitu panitia pelaksana, calon kepala desa terpilih dan masyarakat. Kesimpulan yang diperolehdarihasilpenelitianiniadalah : 1.Faktor yang menyebabkan terjadinya sengketa pemilihan kepala desa adalah mengenai hasil perolehan suara2. Dalam penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa di desa Pejaten, mekanisme penyelesaiannya dilakukan oleh Bupati/Walikota Serang. 3.Dalam perspektif Hukum Islam mekanisme penyelesaian sengketa dilakukan dengan jalan damai berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Hujuratayat 9, dan berdasarkan Hukum Positif ini disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 TentangDesa, dalam hal ini sudah terpenuhi dalam penyelesaian sengketa tersebut.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): SENGKETA PILKADES TAHUN 2015
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 345 Pidana Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara > Jurusan Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2017 14:50
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2017 14:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.