Pendidikan Karakter Pada Pesantren Salafdan Khalaf (Studi Komparatif di Pondok Pesantren Cidanghiang dan Pondok Pesantren Darunnajah Al-Mansur).

Fathullah, Muhamad (2019) Pendidikan Karakter Pada Pesantren Salafdan Khalaf (Studi Komparatif di Pondok Pesantren Cidanghiang dan Pondok Pesantren Darunnajah Al-Mansur). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (51kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PDF TESIS GABUNGAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB 1 fix-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB II-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (591kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB IV-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (472kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
8. BIBLIOGRAFI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Muhamad Fathullah, NPM: 1440101283. Pendidikan Karakter Pada Pesantren Salafdan Khalaf (Studi Komparatif di Pondok Pesantren Cidanghiang dan Pondok Pesantren Darunnajah Al-Mansur). Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya fenomena yang terjadi di tengah masyarakat saat ini, seperti maraknya tindak kekerasan antar-pelajar, antarmahasiswa, maupun pelajar-mahasiswa dengan masyarakat, intoleransi, persoalan korupsi, kejahatan seksual, kehidupan masyarakat yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan lain-lain. Perilaku negatif tersebut mencerminkan bahwa masyarakat kita sedang mengalami krisis moral.Olehkarenanya dibutuhkan sebuah sisitem pendidikan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang konsisten dalam pembentukan karakter santri sehinggadengan sistem pendidikan pesantren diharapkan dapat menumbuhkan generasi yang memiliki akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang dikembangkan di pesantren Cidanghiang dan Darunnajah al-Mansur, menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter di kedua pesantren tersebut, mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam menanamkan nilai-nilai karakter, serta mengetahui perbedaan yang mendasar dalam implementasi nilai-nilai karakter di Pondok Pesantren Cidanghiang dan Darunnajah al-Mansur. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapat beberapa hasil penelitian yakni:1)Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di kedua pesantren sangat bervariasi diantaranya; religious, mandiri, peduli, dan tanggung jawab.2) Pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Cidanghiang dilakukan melalui proses pengajian dan kultur pesantren. Sedangkan di Pondok Pesantren Darunnajah AlMansur dilakukan melalui proses pembelajaran, pengembangan diri/ekstarakurikuler, dan melalui kultur pesantren.3) Kendala yang dihadapi dalam penerapan nilai-nilai karakter di pesantren, meliputi; pertama, kendala dari internal pesantren, kedua, kendala dari santri, ketiga, kendala dari lingkungan dan kemajuan IPTEK.4)Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yaitu; pertama, dilakukan pembinaan, kedua, dilakukan sosialisasi, ketiga, penegakan aturan. 5) Persamaan pendidikan karakter pada kedua pesantren tersebut yaitu pada aspek karakter inti yang dikembangkan yaitu nilai religius, peduli lingkungan, dan kemandirian. Sedangkan pada aspek implementasi memiliki kesamaan dalam hal kultur pesantren. Adapun perbedaan yang mendasar antara kedua pesantren tersebut terletak pada nilai-nilai karakter inti yang dikembangkan.Pondok Pesantren Darunnajah Al-Mansur menanamkan dua belas karakter inti.Pondok Pesantren Cidanghiang menanamkan tujuh karakter inti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Sep 2019 00:38
Perubahan Terakhir: 06 Sep 2019 00:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.