Implementasi Program Pembiasaan Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Anak Usia Dini

Rukmayanti, Dewi (2019) Implementasi Program Pembiasaan Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Anak Usia Dini. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dewi Rukmayanti. 152600025. 2019. Implementasi Program Pembiasaan Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Anak Usia Dini Tujuan penelitan ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran anak usia dini di RA Al-Amanah Kecamatan Padarincang. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang kurang fokus dan kurang bersemangat dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran serta kurang memperhatikan dan mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran baik di sekolah ataupun di rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan orang tua anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil penelitiaan ini mengungkapkan empat temuan yaitu :1) Upaya dan strategi dalam meningkatkan implementasi program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran anak usia dini di RA Al-Amanah sudah diimplementasikan dengan baik. Namun, kurang adanya komunikasi antara guru dengan orang tua anak dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran yang disampaikan kepada orang tua untuk membiasakan dan mendampingi anak belajar membaca Alquran setiap hari di rumah. Strategi pembiasaan guru dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran anak usia dini di RA Al-Amanah Desa Kramatlaban Kecamatan Padarincang sejauh ini sudah cukup efektif namun dalam menyampaikan perkembangan secara lisan kepada orang tua dalam setiap harinya kurang diterapkan serta penataan ruangan yang kurang menarik sehingga anak akan merasa bosan dan jenuh dalam belajar membaca Alquran 2) Kekuatan dan Faktor pendukung seperti motivasi yang diimplementasikan guru, sarana pembelajaran buku Iqra‟ memadai, kualitas guru dan kuantitas guru sesuai dengan pembelajaran membaca Alquran. Faktor penghambat yaitu orang tua dan lingkungan sekitar kelas kepada anak masih sangat kurang dan perlu ditingkatkan lagi agar anak bisa fokus dan lebih semangat. Kurang diimplementasikannya pembiasaan disiplin waktu ketika datang ke sekolah sehingga menjadi faktor penghambat bagi perkembangan dan pembelajaran anak dalam program pembiasaan pembelajaran membaca Alquran anak usia dini. (Kata Kunci : Program Pembiasaan, Pembelajaran Membaca Alquran, Anak Usia Dini)

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2019 04:02
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2019 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.