KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS AL ASMAUL HUSNA (STUDI PENERAPAN SIFAT AL FATTÂH)

EFENDI, YUDI (2019) KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS AL ASMAUL HUSNA (STUDI PENERAPAN SIFAT AL FATTÂH). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER BUKU TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (608kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL TESIS)
AL-FATTAH MUHAMMAD.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

YUDI EFENDI : KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS AL ASMAUL HUSNA (STUDI PENERAPAN SIFAT AL FATTÂH) Allah SWT adalah Maha segala-galanya. Alfattâh adalah sifat Allah yang Maha Membuka. Informasi bisa diketahui oleh manusia berhati bersih, berhikmah dan tajam intuisinya. Melihat kenyataan bahwa pendidikan di Indonesia masih perlu dievalusi dan dikaji ulang. Sebagaimana tujuan pendidikan harus sesuai dengan tujuan Allah menciptakan manusia, yaitu tidak lain dan tidak bukan untuk beribadah kepada-Nya. Konsep pendidikan ini diharapkan bisa mengajak dan mengarahkan para pembelajar untuk dekat kepada Tuhan yang Maha Esa. Rumusan masalah pada penelitian ini difokuskan pada : 1). Bagaimana memahami konsep pendidikan berbasis al-Fattâh? 2). Bagaimana cara memahami “alFattâh” sebagai salah satu sifat dari al-asmaul husna? 3). Bagaimana penerapan konsep alfattâh dalam pendidikan agama Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk memahami “alfattâh” sebagai salah satu sifat dari al asmaul husna. 2). Untuk mengetahui cara memahami al-Fattâh sebagai salah satu sifat dari al asmul husna 3). Untuk menerapkan konsep al-Fattâh ini dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku, dokumen dan jurnal-jurnal. Sedangkan metode yang digunakan adalah hermenetis-teologis kritis yang selaras dengan ilmu kekinian. Hasil penelitian ini adalah 1). Al-Fattâh salah satu al-asmaul husna yang membuka cakrawala pendidikan berbasis ilâhi. 2). Cara memahami keterbukaan Allah itu bisa melalui sosok keteladanan nabi-nabi, sahabat dan ulama sebagai pewaris para nabi 3). Penerapan al-Fattâh dalam konsep pendidikan berbasis kecerdasan spiritual. Kata kunci : Konsep Pendidikan Al-Fattâh, Wawasan Imâni, Penerapan sifat Alfattâh

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x0 ISLAM (Umum) > 2x0.0-12.9 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2019 04:01
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2019 04:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.